Krisis Pendanaan Bisa Picu Kesalahan Hasil Penelitian

Tachta Citra Elfira, Jurnalis · Sabtu 15 April 2017, 19:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 04 15 56 1668388 krisis-pendanaan-bisa-picu-kesalahan-hasil-penelitian-0dAHKP4XDU.jpg (Foto: CSIRO Forestry and Forest Product)

JAKARTA - Kurangnya dana untuk penelitian ilmiah bisa mendorong para ilmuwan untuk berbuat curang. Hal tersebut diungkapkan dalam laporan yang ditemukan oleh National Academies of Sciences, Engineering and Medicine.

Laporan “Fostering Integrity in Research,” mengatakan, krisis pendanaan bisa menghambat kemajuan para ilmuwan melewatkan protokol dan sampai pada kesimpulan yang salah. Kesalahan penelitian beberapa di antaranya tidak terdeteksi selama bertahun-tahun, menyebabkan peningkatan jumlah dan presentase artikel penelitian yang ditarik dan kekhawatiran tentang rendahnya tingkat reproduksi.

Amerika Serikat (AS) mengucurkan 2.81% dari produk domestik bruto untuk penelitian dan pengembangan pada tahun 2012, dengan sektor swasta menyumbang dua-pertiga dari itu. Sebagian besar dana penelitian pemertintah dialihkan ke pertahanan. Laporan tersebut mengutip banyak contoh kesalahan penelitian, termasuk aplikasi bantuan dipalsukan.

Menurut NPR yang dikutip Business Insider, Sabtu (15/4/2017), mantan peneliti University of Wisconsin Mary Allen melihat dokumen hibah gagal untuk memberikan gambaran yang akurat dari beberapa penelitian 2005.

(din)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini