Jepang Pakai Robot untuk Latih Tim Voli Perempuan

Tachta Citra Elfira, Jurnalis · Selasa 18 April 2017, 03:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 04 17 56 1669666 jepang-pakai-robot-untuk-latih-tim-voli-perempuan-80R8MGt4wv.jpg (Foto: Newscientist)

TOKYO - Sudah hal biasa bahwa Jepang mengagumi produk buatannya sendiri, seperti penggunaan robot untuk membantu tim nasional perempuan.

Dilansir Digitaltrends, Senin (17/4/2017), para ilmuwan merancang robot-robot tersebut sebagai blocker atau pengadang bola. Hal tersebut dilakukan untuk menyempurnakan serangan tim Voli Jepang agar mampu melewati mesin-mesin itu.

Dibawa pada saat latihan, tiga robot dengan tangan mencoba untuk mengadang bola dan bergerak menyamping di depan jaring.

Universitas Tsukuba dan Asosiasi Bola Voli Jepang adalah pihak yang mengembangkan teknologi robot itu, untuk memudahkan program dari pelatihan voli serta mencari variasi latihan. Robot tersebut mampu bergerak dengan kecepatan 3,7 meter per detik, tentu lebih cepat dari manusia.

Tentu saja, ini bukan pertama kalinya robot telah memasuki dunia olahraga. Pada turnamen tahunan RoboCup sepak bola misalnya, pemanfaatan robot telah dikenalkan oleh tim bisbol Korea Selatan.

Kabarnya, peneliti juga akan memamerkan robot tersebut di ajang IEEE (International Conference on Robotic and Automation) di Singapura pada Mei 2017.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini