Ilmuwan Manipulasi Sinyal Retina Sembuhkan Jet Lag

Tachta Citra Elfira, Jurnalis · Rabu 19 April 2017, 01:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 04 18 56 1670816 ilmuwan-manipulasi-sinyal-retina-sembuhkan-jet-lag-zL7CyB1Gnn.jpg (Foto: Dailymail)

LONDON - Para ilmuwan telah menemukan hubungan antara mata dan jam tubuh yang dapat mengobati jet lag dengan menggunakan tetes mata. Mereka menemukan sekelompok sel-sel dalam retina yang mengirimkan sinyal tentang perubahan cahaya ke bagian otak yang mengatur fisiologis tubuh.

Jet lag terjadi ketika tubuh berjuang untuk beradaptasi dengan waktu yang berbeda dalam cahaya dan gelap setelah terbang ke zona waktu baru. Para peneliti percaya bahwa mereka mungkin dapat menggunakan tetes mata untuk memanipulasi sinyal retina, sehingga akan mengubah respon tubuh terhadap perubahan cahaya.

"Hasil menarik menunjukan kami rute farmakologi, dan berpotensi untuk memanipulasi jam biologis ineternal kami," ujar Mike Ludwig, Profesor Neurofisiologi di University of Edinburgh dan peneliti utama, seperti dikutip dari Mirror, Selasa (18/4/2017).

Mike juga mengungkapkan studi di masa depan dengn memanfaatkan obat tetes mata untuk menyingkirkan jet lag. Penelitian ini perlu dikembangkan lagi.

Temuan ini juga dapat membuka potensi untuk memulihkan jam biologis mereka yang memiliki masalah bekerja pada malam hari. Para ahli menyarankan penderita jet lag untuk mengikuti makan dan tidur dengan pola waktu teratur.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini