Ilmuwan Temukan Lendir Katak India Bisa Sembuhkan Virus Flu

Tachta Citra Elfira, Jurnalis · Kamis 20 April 2017, 03:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 04 19 56 1671724 ilmuwan-temukan-lendir-katak-india-bisa-sembuhkan-virus-flu-sqjYUOWADg.jpg (Foto: Gizmodo)

ATLANTA - Penelitian baru dari Emory University School of Medicine menunjukan bahwa bahan kimia dalam lendir katak India Selatan mampu membunuh virus influenza. Akan tetapi, peneliti perlu waktu yang cukup lama untuk mendapatkan hasilnya.

Penemuan ini menuntun ke sumber yang dapat membuat obat antivirus. Katak Hydrophylax bahuvistara memiliki lendir yang mengandung senyawa dan dapat membunuh bakteri serta virus. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Immunity, uji coba yang dilakukan pada tikus versi disintesis dari molekul berhasil membunuh berbagai virus influenza, yaitu H1 strain pandemi. Namun, tidak pada H3N2.

Akhirnya, obat itu terinspirasi oleh senyawa yang dapat digunakan untuk menyerang H1, atau bisa digunakan untuk vaksin. Sayangnya, senyawa yang dijuluki "urumin" tidak berlangsung lama dalam tubuh, sehingga saat ini ilmuwan mencoba untuk mencari tahu bagaimana membuatnya lebih stabil.

Penemuan itu menunjukan bahwa amfibi atau hewan lain, merupakan sumber senyawa baru yang potensial untuk melawan penyakit. Para peneliti yang memimpin studi tersebut berharap bahwa molekul katak peptida dapat digunakan untuk virus lainnya, seperti demam berdarah dan Zika. Peptida adalah rantai pendek asam amino yang membentuk blok bangunan protein yang dikemas untuk membasmi virus.

"Peptida yang berasal dari kulit katak memiliki aktivitas antibakteri. Kami berhipotesis beberapa peptida mungkin memilliki aktivitas antivirus, oleh karena itu kita uji mereka terhadap firus flu. Peptida juga bekerja melawan semua virus influenza dari H1 hemagglutinin subtipe karena mengikat secara khusus untuk dilestarikan," ujar Lead Researcher, Joshy Jacob demikian dikutip dari Gizmodo, Rabu (19/4/2017).

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini