NASA Uji Coba Obat Kanker di Stasiun Luar Angkasa

Tachta Citra Elfira, Jurnalis · Kamis 20 April 2017, 04:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 04 19 56 1671740 nasa-uji-coba-obat-kanker-di-stasiun-luar-angkasa-JCphfkYYyZ.jpg (Foto: Reuters)

WASHINGTON - Para astronot di International Space Station siap untuk mendapatkan kiriman baru kargo dari Bumi. Kali ini, perusahaan luar angkasa swasta Orbital ATK bertanggungjawab untuk memasok ulang.

Perusahaan kapsul Cygnus mengisi kargo dengan lebih dari 7.600 pon makanan, air, peralatan dan percobaan sains yang diatur untuk memulai di atas roket Atlas V dari Cape Canaveral.

Penerbangan itu seharusnya terjadi pada akhir Maret, tetapi ditunda hingga hari ini karena masalah hidrolik dengan beberapa peralatan. Peluncuran hari ini sangat khusus untuk Orbital ATK, karena menghormati astronot Jhon Glenn, orang Amerika pertama yang mengorbit Bumi. Ia meninggal pada Desember 2016 di usia 95.

Kargo yang dikirimkan juga mencakup percobaan sains, di mana melibatkan pengujian obat antibodi baru yang bisa membantu membuat pengobatan kemoterapi lebih efektif untuk pasien kanker.

Dilansir dari Theverge, Rabu (19/4/2017), Cygnus juga membawa 38 satelit kecil yang dikenal sebagai CubeSats. Probe ini bertujuan untuk melakukan riset kecil di ruang angkasa.

Menurut NASA, kendaraan kecil itu akan dikerahkan ke luar angkasa dari stasiun atau dari kapsul Cygnus sendiri dalam beberapa bulan mendatang. Kapsul Cygnus dijadwalkan untuk tinggal di stasiun luar angkasa hingga Juli.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini