Mei, 6 Startup Indonesia Hadir di Bootstrap Alley Tech in Asia Singapore 2017

Kamis 20 April 2017, 18:59 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 04 20 207 1672769 mei-6-startup-indonesia-hadir-di-bootstrap-alley-tech-in-asia-singapore-2017-p0RUV700xY.jpg (Foto: Techinasia)

JAKARTA - Startup asal Indonesia dapat bersaing di kancah internasional. Website Techinasia melaporkan, ada enam startup asal Indonesia yang akan hadir di Bootstrap Alley Tech in Asia Singapore 2017 pada 17 dan 18 Mei 2017.

BreadnBeyond

Walaupun bernama BreadnBeyond, startup ini justru tidak ada hubungannya dengan roti. BreadnBeyond adalah agensi yang menciptakan video ilustrasi untuk menjelaskan sebuah hal yang sulit agar lebih mudah dimengerti dengan video buatan mereka.

Startup berbasis di Indonesia ini telah berdiri sejak tahun 2008. Andre Oentoro selaku Founder dan CEO Breadnbeyond menyatakan, saat ini BreadnBeyond memiliki tim yang terdiri dari 33 orang dan telah menangani lebih dari 2.000 klien.

BreadnBeyond rupanya tidak hanya bermain di pasar lokal saja. Jasa mereka sudah pernah digunakan klien dari mancanegara. Bahkan, World Bank adalah salah satu klien terbesar mereka.

ON-TRUCKS

ON-TRUCKS adalah layanan penyewaan transportasi untuk pengiriman barang dalam jumlah dan ukuran besar. Anda bisa memesan truk, mobil derek, atau bus melalui situs dan aplikasi mobile ON-TRUCKS yang tersedia untuk Android dan iOS.

ON-TRUCKS mengklaim telah memiliki sederet fitur untuk menjamin keamanan pengiriman barang dan transparansi harga pengiriman. Di antaranya adalah fitur View Tracking, Secure Code, dan Status Update. ON-TRUCKS menekankan nilai STAR (Safety, Transparent, Availibility, dan Reliability) untuk menjamin layanannya.

Tarif pengiriman barang dihitung per kilometer. ON-TRUCKS akan menghitung perkiraan biaya yang akan dibayar oleh pengguna. Kemudian, pengguna harus melakukan pembayaran terlebih dahulu baik dengan menggunakan deposit ON-PAY, transfer antar bank, atau kartu kredit.

PunyaTemen

PunyaTemen adalah sebuah platform yang menyediakan peminjaman barang, mulai dari mobil, peralatan fotografi, perlengkapan pesta, hingga bahkan peralatan memasak. Platform ini diciptakan untuk mempertemukan orang yang memiliki barang namun jarang digunakan, dan orang yang membutuhkan barang tertentu namun enggan membeli karena tidak akan sering dipakai.

“Di samping mempertemukan dua pihak tersebut, kami berpikir gaya hidup berbagi pakai ini akan banyak menolong kelangsungan bumi kita dengan mengurangi waste dari barang-barang,” ujar Ngadiman Djaja, CTO PunyaTemen.

PunyaTemen diperkenalkan pertama kalinya untuk kalangan terbatas pada Oktober 2016. Menurut Ngadiman, jumlah pengguna yang menyewakan maupun penyewa telah menyentuh angka ratusan.

HubSehat

Hubsehat menciptakan sebuah solusi bagi pasien untuk melihat dan menyimpan rekam medis. Selama ini, banyak pasien yang menyimpan data kesehatan secara terpisah-pisah dalam buku atau kartu pasien.

Data penting tersebut rentan hilang atau rusak bila disimpan dengan cara manual seperti itu. Dengan Hubsehat, seluruh data akan tersimpan di cloud. Di sisi lain, dokter tidak perlu khawatir kehilangan kartu pasien yang berisi data rekam medis pasien.

Pasien dapat memindai hasil tes kesehatan, kemudian memonitor grafik hasil tes tersebut melalui antarmuka HubSehat. Pasien bisa mengatur data apa yang ingin ditampilkan pada antarmuka, misalnya tren berat badan, aktivitas vital, perkembangan penyakit, dan sebagainya. Data tersebut bisa dibagikan ke dokter tertentu yang ingin mereka tuju.

Excellence.asia

Excellence.asia adalah platform multisided yang membantu pengguna (perusahaan ataupun individu) untuk dapat menemukan pelatihan yang tepat sesuai kebutuhan. Di sisi lain, mereka juga membantu partner (trainer atau coach) untuk memonetisasi produk pelatihan.

Selain mempertemukan pengguna dan partner, excellence.asia juga melayani aktivitas pembelian, registrasi, bahkan penerbitan sertifikat dari sebuah pelatihan. Mereka mendapatkan keuntungan dari setiap penjualan tiket atau paket pelatihan.

Startup ini berdiri sejak September 2016 dan melakukan peluncuran versi beta pada Desember 2016. Platform milik mereka resmi diluncurkan pada Maret 2017. Hingga saat ini, Excellence.asia mengklaim telah memiliki 50 partner, dengan lebih dari 100 pelatihan, dan lebih dari 100 pengguna yang sudah terdaftar.

Renov Id

Renov Id adalah developer aplikasi dan game mobile. Dalam perhelatan Tech in Asia Singapore 2017 nanti, startup ini akan meluncurkan dua produk game dan aplikasi mobile ciptaan mereka. Menurut Adi Cahyadi, Founder dan CIO Renov Id, game yang mereka ciptakan bertujuan untuk membuat pemainnya lebih banyak bergerak, bersosialisasi dan belajar.

“Untuk aplikasi sederhana, kami ingin menyelesaikan permasalahan sehari-hari di Jakarta. Sebentar lagi kami ingin meluncurkan aplikasi anti copet yang bisa melindungi kita dan keluarga dari kecopetan dan tindakan kriminal lainnya,” jelas Adi.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini