TOP TECHNO: Makam Kuno Berusia 3 Ribu Tahun Ditemukan

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Jum'at 21 April 2017, 08:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 04 20 56 1672841 top-techno-makam-kuno-berusia-3-ribu-tahun-ditemukan-5q9hH4JsOc.jpg (Foto: Reuters)

KAIRO - Peneliti mengklaim telah menemukan makam tertua yang dipercaya telah ada sejak 3.000 tahun lalu. Makam tersebut ditemukan di dekat Luxor, Mesir.

Peneliti menggali dan menemukan beberapa mumi serta ratusan kuburan patung berusia lebih dari 3.000 tahun. Peninggalan ini berupa makam yang telah dibangun untuk seorang bangsawan bernama Userhat.

Ia adalah seorang hakim selama Kerajaan Baru saat periode antara 1.500 SM sampai 1000 SM.

Kepala misi arkeologi, Mostafa Waziri mengatakan makam itu dibangun pada saat perampokan makam lazim di wilayah itu dan di ruangan lain ditemukan patung-patung.

Makam itu memiliki lapangan terbuka yang mengarah ke ruangan luas, koridor dan ruang dalam, dengan satu kamar berisi patung, topeng kayu dan pegangan tutup sarkofagus.

Laporan AFP yang dilansir IBTimes, Rabu (19/4/2017) mengungkap bahwa patung itu menggambarkan raja-raja dari dinasti yang berbeda, yang ditemukan di ruang lain. Penghuni makam diduga menghembuskan nafas karena penyakit yang belum diketahui.

Penemuan terbaru ini adalah barang antik di Mesir yang diharapkan dapat meningkatkan sektor pariwisata negara itu, yang belum lama dilanda terorisme dan ekstremisme.

Di awal tahun, arkeolog telah menemukan 12 kuburan Mesir kuno dekat Aswan. Sementara pada Maret di daerah kumuh Kairo, sebuah patung delapan meter dianggap Raja Psammetich 1 yang memerintah pada 664-610 SM.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini