Wow, Data Center Apple Manfaatkan Suhu Perangkat ke Sistem Pemanas

Lely Maulida, Jurnalis · Jum'at 21 April 2017, 10:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 04 21 207 1673120 wow-data-center-apple-manfaatkan-suhu-perangkat-ke-sistem-pemanas-7PCxIB2ZIR.jpg (Foto: Ubergizmo)

CUPERTINO – Pusat data center berjalan dengan menggunakan berbagai perangkat teknologi dengan jumlah yang banyak dan kompleks. Tak ayal, kestabilan suhu udara menjadi hal yang penting dalam sebuah data center mengingat suhu panas dari perangkat-perangkat itu terakumulasi.

Cara lain kini rencananya akan ditempuh Apple yang akan menyalurkan suhu panas dari perangkat-perangkat di data center kepada masyarakat. Dilansir dari Ubergizmo, Jumat (21/4/2017), data center Apple di Denmark akan menguji rencana untuk tak menyia-nyiakan panas yang dihasilkan perangkat di data center-nya.

Data center yang terletak di wilayah Jutland ini menghasilkan panas yang berlebihan, sehingga suhu panas itu akan dikirimkan ke sistem pemanas setempat. Kemudian, suhu panas itu akan digunakan untuk memanaskan rumah masyarakat.

Sebagian data center juga tampaknya akan didukung oleh limbah yang dihasilkan oleh peternakan. Hal ini berkat kerjasama Apple dengan Aarhus University yang telah menciptakan sebuah sistem yang bisa menghilangkan limbah melalui ‘digester’ yang kemudian menghasilkan metana.

Metana tersebut kemudian akan dimanfaatkan untuk menghidupkan data center. Selain itu reaksi digester juga mampu mengubah limbah menjadi pupuk yang kaya nutrisi, yang kemudian dikembalikan ke peternakan lokal untuk ladang mereka.

Langkah ini ditempuh Apple untuk mewujudkan upaya penghijauan lingkungan. Seperti diinformasikan sebelumnya, Apple berjanji untuk merancang produk dari bahan daur ulang dengan tujuan untuk menghentikan penambangan bumi.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini