Upaya Tambang Energi Bulan Jadi Prioritas Badan Antariksa India

Lely Maulida, Jurnalis · Jum'at 21 April 2017, 20:27 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 04 21 56 1673825 upaya-tambang-energi-bulan-jadi-prioritas-badan-antariksa-india-gFt4fKfGGv.jpg (Foto: ABC13)

BENGALURU – Belum lama ini Indian Space Research Organization (ISRO) mengumumkan tengah mengerjakan sebuah rencana besar. ISRO berencana mengambil energi dari bulan, yang akan membantu India untuk impor minyak.

Rencana itu melibatkan pertambangan Helium-3 yang kaya akan debu bulan, menghasilkan energi, dan mengirimkannya kembali ke Bumi. Rencana ISRO ini pertama kali diungkap pada Februari oleh profesor Badan Antariksa, Dr Sivathanu Pillai.

Kini dalam sebuah konferensi di New Delhi, Pillai mengatakan bahwa penambangan debu bulan merupakan prioritas bagi ISRO, seperti dilaporkan Livemint.

Badan Antaraiksa ini juga berencana menyeduh bir dengan menggunakan ragi di bulan sebagai bagian dari eksperimen untuk menguji dan mengamati ketahanan ragi di luar angkasa. Dalam rencananya itu, ISRO juga ingin mengamati kinerja ragi di bawah gravitasi bulan.

Langkah Badan Antariksa India ini juga menarik minat Pemerintah Amerika Serikat (AS). Pihak terkait bahkan telah berkonsultasi kepada NASA tentang penambangan sumber daya alam di bulan. Demikian seperti dilansir IB Times, Jumat (21/4/2017).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini