Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berkat Data di Fitbit, Polisi Berhasil Ungkap Kasus Pembunuhan

Dini Listiyani, Jurnalis · Rabu 26 April 2017 19:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 04 26 207 1677120 berkat-data-di-fitbit-polisi-berhasil-ungkap-kasus-pembunuhan-0ABwuhEM8y.jpg (Foto: Ubergizmo)

CALIFORNIA - Wearable menjadi salah satu perangkat yang mengandung banyak informasi dan aktivitas tentang penggunanya tanpa disadari. Namun dalam beberapa kasus, perangkat tersebut bisa memberikan pencerahan dalam memecahkan kasus.

Disitat Ubergizmo, Rabu (26/4/2017), berkat data di Fitbit, dari perangkat wearable milik perempuan korban pembunuhan polisi bisa mengungkap siapa kemungkinan dalang pembunuhnya, tak lain diduga suaminya sendiri.

Pada 2015, Richard Dabate mengatakan kepada polisi bahwa seorang penyusup bertopeng menerobos masuk ke rumah mereka. Dia kemudian mengatakan kepada polisi bahwa ia mendengar istrinya pulang ke rumah dan menyuruhnya berlari dan setelah perjuangan singkat, si penyusup tersebut menembaki dan membunuh istrinya.

Namun, ceritanya tidak bertahan lama karena penyelidik tidak menemukan tanda-tanda masuk paksa dan mencatat bahwa tidak ada barang di rumah itu yang diambil. Mereka kemudian memperoleh surat perintah untuk memeriksa Fitbit istrinya, ponsel mereka, komputer, dan alarm rumah.

Setelah membandingkan dan menyinkronkan data, mereka menemukan bahwa timeline yang disediakan Dabate tidak sesuai dengan Fitbit istrinya. Log komputer juga menunjukkan bahwa istrinya aktif di Facebook dan membagikan video ke halamannya melalui alamat IP yang dilacak kembali ke rumah mereka.

Akhirnya, Dabate mengaku memiliki hubungan di luar nikah dan ia menghamili perempuan tersebut. Selain itu, ia juga diklaim mencoba membuat klaim untuk polis asuransi jiwa istrinya senilai USD475,000. Polisi menuduh Richard Dabate melakukan pembunuhan, merusak bukti, dan memberikan pernyataan salah.

(din)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini