Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Google Translate Makin Akurat Berkat Teknologi AI

Lely Maulida, Jurnalis · Kamis 27 April 2017 14:22 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 04 27 207 1677729 google-translate-makin-akurat-berkat-teknologi-ai-Zk3d7Aj8RE.jpg (Foto: Google)

JAKARTA - Raksasa teknologi Google akhirnya menyematkan teknologi anyar untuk aplikasi Google Translate. Teknologi Neural Machine Translation (NMT) merupakan kecerdasan buatan (AI) yang akan membuat aplikasi penerjemah Google lebih sempurna dalam menerjemahkan kalimat atau konten website.

Teknologi ini akan memungkinkan pengguna mendapatkan hasil terjemahan berdasarkan konteks kalimat, bukan lagi kata per kata.

"Pembaruan ini berbasis artificial intelligent (AI) pada Google Translate secara keseluruhan. Lebih smooth lebih melihat gender. Google Translate melihat kalimat sebagai kalimat bukan kata per kata," kata Macduff Hughes, Enginering Director, Google Translate melalui teleconference di Jakarta, Kamis (27/4/2017).

Dijelaskan Macduff, teknologi yang tersemat ini merupakan otak yang akan menerjemahkan kalimat dengan konteks yang luas. NMT akan menemukan hasil terjemahan yang paling relevan, disesuaikan dengan bahasa percakapan dan tata bahasa yang tepat.

NMT juga telah mendukung untuk menerjemahkan 41 bahasa ke bahasa Inggris. Sebelumnya, teknologi NMT diperkenalkan Google pada November lalu.

Kini, NMT secara resmi telah terpasang pada aplikasi Google Translate baik di mobile maupun desktop, sehingga pengguna akan lebih mudah dalam menerjemakan konten di internet. Secara khusus NMT juga telah mendukung layanan terjemah otomatis melalui aplikasi Google Chrome.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini