Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tantang Wikipedia, China Rancang Ensiklopedia Online

Lely Maulida, Jurnalis · Senin 01 Mei 2017 12:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 05 01 207 1680335 tantang-wikipedia-china-rancang-ensiklopedia-online-m5Vol7g6zH.jpg (Foto: Komo News)

CHINA – Wikipedia selama ini sering kali menjadi referensi informasi banyak kalangan saat melakukan penelusuran di Google Search. Namun tampaknya, situs populer tersebut kini akan menghadapi persaingan.

Dilansir IB Times, Senin (1/5/2017), Beijing meluncurkan ensiklopedia nasional versi internet. Situs ini kabarnya akan mulai online pada 2018.

“Proyek ini dirancang karena China mendapat tekanan internasional dan merasa perlu memproduksi ensikopedia sendiri untuk membimbing dan memimpin masyarakat dan sosial,” kata Yang Muzhi, pimpinan redaksi proyek, dikutip dari South China Morning Post, Senin (1/5/2017).

Proyek ini mulanya terungkap setelah Yang berbincang dengan sekelompok ilmuwan senior di markas besar Chinese Academy of Sciences di Beijing pada April. Rincian pertemuan juga telah di-posting pada situs resmi akademi itu.

Sebagian daratan China melarang akses ke situs Wikipedia. “Kebanyakan ilmu pengetahuan dan teknologi mudah diakses, namun kata kunci pencarian yang sensitif seperti Dalai Lama dan Xi Jinping pemimpin negara tersebut akan mengakibatkan koneksi ke server hilang,” menurut SCMP yang berbasis di Hong Kong.

Beberapa perusahaan internet China juga telah meluncurkan ensiklopedia online mereka sendiri termasuk Baidu dan Qihu 360. Dalam sebuah artikel koran di China pada akhir 2016, Yang menyebutkan bahwa Wikipedia merupakan pesaing yang membutuhkan perhatian ekstra.


Mirip seperti Wikipedia, ensiklopedia online China ini juga memungkinkan penggunanya untuk mengedit artikel.

"Kami memiliki tim penulis terbesar dan paling berkualitas di dunia. Tujuan kami bukan untuk mengejar ketinggalan, tapi menyalip," kata Yang.

Proyek tersebut disetujui oleh Dewan Negara China pada 2011, namun baru mulai dibuat belum lama ini. Ensiklopedia China online adalah proyek publikasi terbesar di China, dengan lebih dari 20.000 penulis dari universitas dan lembaga penelitian yang berkontribusi untuk artikel di lebih dari 100 disiplin ilmu.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini