Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ensiklopedia China Bakal Salip Kejayaan Wikipedia?

Lely Maulida, Jurnalis · Rabu 03 Mei 2017 09:44 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 05 03 207 1681796 ensiklopedia-china-bakal-salip-kejayaan-wikipedia-xhmqUGMeMv.jpg (Foto: Reuters)

CHINA – Wikipedia menjadi salah satu situs yang digandrungi oleh netizen di berbagai belahan dunia. Namun rupanya, situs populer ini telah dilarang aksesnya di China.

Alih-alih melarang, China kini menginisiasi untuk membuat layanan serupa. Layanan yang disebut 'Chinese Encyclopedia' ini akan merekrut 20 orang untuk membangun website tersebut.

Rencananya pada tahap awal, ensiklopedia China akan menyediakan 300 ribu entri, seperti disitat Ubergizmo, Rabu (3/5/2017). Tanpa menunggu lama, situs pengganti Wikipedia ini dapat dijalankan pada 2018.

Langkah yang dilakukan China ini tak begitu mengejutkan, mengingat mereka juga telah meluncurkan beberapa layanan berbasis internet mereka sendiri. Misalnya Youku yakni Youtube versi China, Weibo yang mirip Twitter, serta Baidu.


Situs ensiklopedia China akan dipimpin oleh Yang Muzhi, pejabat tinggi yang dijuluki 'Tembok Besar Kebudayaan'. Menurutnya, layanan ini bukan untuk meniru Wikipedia namun untuk memperbaikinya.

“Kami memiliki tim penulis terbesar dan paling berkualitas di dunia. Tujuan kami bukan untuk mengejar ketertinggalan, tapi untuk menyalip,” katanya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini