Belum Ada Kesepakatan di Kabinet, Basinas Masih Tertunda

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Rabu 03 Mei 2017, 15:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 05 03 207 1681963 belum-ada-kesepakatan-di-kabinet-basinas-masih-tertunda-n3Ww1wVQKi.jpg (Foto: FBI)

JAKARTA - Meski wacana pembentukan Badan Siber Nasional telah ada sejak empat tahun lalu atau tepatnya pada 30 Oktober 2013, namun badan pengamanan dunia maya tersebut masih belum juga disahkan oleh pemerintah. Mengapa bisa demikian?

Diungkapkan oleh Irvan Nasrun di bagian Desk Ketahanan dan Keamanan Informasi Cyber Nasional Kemenkopolhukam, saat ini Badan Siber Nasional masih belum mendapatkan pengesahan dari Presiden Joko Widodo. Alasannya, masih belum ada kesepakatan di kabinet.

"Sampai saat ini Badan Siber Nasional masih belum dapat pengesahan juga dari Presiden karena belum ada kesepakatan di Kabinet," terangnya kepada Okezone melalui pesan singkat, Rabu (3/5/2017).

Desk Ketahanan dan Keamanan Informasi Cyber Nasional sendiri bisa dikatakan sebagai cikal bakal dari lahirnya Badan Siber Nasional pada 2013. Barulah pada 2014, era pemerintahan Joko Widodo mencanangkan penamaan menjadi Badan Siber Nasional.

Sayangnya, Irvan mengatakan bahwa saat ini ia belum mengetahui target pembentukan Badan Siber Nasional tersebut. Sehingga pengesahaan dari Basinas sendiri masih memerlukan beberapa waktu ke depan.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini