Techno of The Week: Tips Selamatkan Smartphone yang Tercemplung Air

Dini Listiyani, Jurnalis · Sabtu 06 Mei 2017, 07:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 05 05 92 1684498 techno-of-the-week-tips-selamatkan-smartphone-yang-tercemplung-air-kGOwOVn5o5.jpg (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Bagi smartphone yang tidak memiliki sertifikasi IP68, air rasanya menjadi musuh yang cukup menyeramkan untuk smartphone Anda. Namun, jika smartphone Anda tercemplung ke air seperti ketika di toilet atau kolam, Anda tak perlu khawatir.

Ada cara untuk menyelamatkan smartphone Anda ketika tercemplung ke air. Berikut ini langkah-langkah yang perlu diambil ketika smartphone Anda tercemplung ke air seperti dikutip dari Android Authority, Sabtu (6/5/2017).

1. Keluarkan dari Air dan Pastikan Ponsel Mati

Semakin lama smartphone berada di dalam air, semakin rendah kemungkinan bertahannya. Oleh sebab itu, pengguna harus segera mengambil ponsel yang jatuh ke dalam air. Setelah keluar dari air, pastikan smartphone tidak aktif atau matikan.

2. Membongkar Smartphone

Langkah selanjutnya setelah mengetahui smartphone Anda jatuh ke air adalah lepaskan baterai (jika bisa), kartu SIM, dan SD card. Letakkan semuanya di atas tisu kering.

3. Usahakan Mengeringkan Eksterior dengan Tisu

Selanjutnya, singkirkan semua kelebihan air yang ada di bagian luar telefon Anda. Gunakan tisu untuk mengeringkan semua komponen. Pastikan Anda tidak terlalu banyak bermain dengan smartphone.

4. Waktunya Mengeringkan

Langkah selanjutnya adalah membiarkan smartphone tak tersentuh dalam waktu yang lama dengan menaruhnya di atas meja atau di dalam laci. Namun, beberapa orang suka menggunakan sedikit bantuan. Praktik yang sangat umum dilakukan adalah meletakkan smartphone di tas Ziploc penuh beras dan membiarkannya di sana selama dua atau tiga hari.

(din)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini