Disalip 4G, XL Axiata Bakal Tutup Jaringan 2G

Lely Maulida, Jurnalis · Selasa 09 Mei 2017, 12:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 05 09 54 1686790 disalip-4g-xl-axiata-bakal-tutup-jaringan-2g-dvw1WxxHGV.jpg Disalip 4G, XL Axiata Bakal Tutup Jaringan 2G

DENPASAR - Teknologi jaringan 2G perlahan mulai teralihkan seiring hadirnya teknologi 4G. Meningkatnya penggunaan data menjadi penyokong komunikasi di masa mendatang ketimbang pulsa.

Pencanangan ditutupnya jaringan 2G pun kembali mencuat. Salah satu operator selular, XL Axiata, mencatat basis penggunaan 2G kurang dari 10% dari total pengguna. XL meyakini, penggunaan 2G akan semakin menurun dengan sendirinya.

"65% sudah pengguna data, jadi trafik 2G di bawah 10%. Artinya tanpa kita dorong mereka sudah natural pindah ke data. Pelanggan sudah banyak meggunakan data dibanding voice," kata Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya di Bali, Selasa (9/5/2017).

Yessie menjelaskan, tren penutupan layanan 2G tidak hanya dialami di Indonesia, namun operator telekomunikasi di Singapura dan Eropa juga telah menutup jaringan 2G tersebut. Rata-rata operator di negara itu mematikan jaringan 2G dan mengalihkannya ke 4G LTE.

Namun proses yang dilakukan XL Axiata tak akan serupa dengan negara tersebut mengingat masih ada masyarakat yang menggunakan layanan voice serta SMS melalui jaringan 2G.

"Jangan takut, kita tak seperti Singapura yang langsung. Sampai sekarang 2G kita maintenance, pelihara sampai nanti habis dengan sendirinya," terangnya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini