Empat Kesalahan Menggunakan Laptop

Agregasi Solopos, Jurnalis · Selasa 09 Mei 2017, 10:59 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 05 09 92 1686706 empat-kesalahan-menggunakan-laptop-WEk7Hq9bAq.jpg Ilustrasi Laptop (Foto: NDTV)

JAKARTA - Seiiring perkembangan zaman, komputer jinjing atau laptop kini sudah menjadi kebutuhan dalam kehidupan manusia. Namun tidak semua mengetahui ada sejumlah kesalahan saat menggunakan laptop yang membuat kemampuan komputer jinjing tersebut berkurang.

Mau tahu apa saja kesalahan yang kerap dilakukan saat menggunakan laptop? Berikut kesalahan seperti dikutip Tech Republic:

Memangku Laptop

Memangku laptop merupakan satu kesalahan yang paling banyak dilakukan. Biasanya, seseorang sengaja memangku laptop di paha dengan tujuan memudahkan pekerjaan lantaran tidak ada meja atau kursi. Sayangnya, hal itu justru membawa dampak negatif. Pasalnya, lubang udara di bagian bawah laptop akan tertutupi. Hal itu membuat suhu laptop meningkat drastis alias overheat, yang membuatnya lebih cepat rusak.

Meletakkan laptop di permukaan lunak

Selain memangku, Anda juga tidak boleh meletakkan laptop di permukaan yang lunak seperti karpet, kasur, sofa, atau bantal. Benda dengan permukaan lunak itu akan menahan suhu panas laptop. Jika dibiarkan, lama kelamaan hal itu akan menimbulkan overheat. Sebaiknya, berikan alas berupa papan atau buku bersampul tebal yang kaku di bawah laptop sebelum diletakkan di kasur.

Melepas baterai laptop saat dipakai

Sebagian orang berpikir mengisi daya laptop sambil dipakai akan membuat bperforma baterai menurun. Oleh sebab itu, mereka akan melepas baterai dan mengandalkan aliran listrik langsung untuk menyalakan laptop. Padahal, cara tersebut jelas salah kaprah.

Megecas baterai saat laptop dipakai memang akan menurunkan performa. Sebab, suhu panas akibat pengecasan dan pemakaian tersebut akan meningkat. Tapi, jangan pula melepas betarai laptop begitu saja. Hal itu justru akan membuat laptop semakin cepat rusak. Sebaiknya, lakukan pengecasan saat laptop tidak dipakai. Jika kehabisan baterai di saat darurat, langsung sambungkan pengecas ke aliran listrik dan kurangi pemakaian laptop.

Menyalakan laptop di tempat panas

Suhu udara yang panas ternyata memengaruhi performa perangkat elektronik seperti smartphone dan laptop. Sebaiknya, jangan menyalakan laptop di tempat yang panas karena akan membuat performanya menurun. Jika sedang bepergian, masukkan laptop ke dalam tas khusus agar suhuya tetap stabil.

Itulah beberapa kesalahan fatal yang membuat laptop cepat rusak. Kerusakan laptop tentu akan membuat pekerjaan terasa sulit bukan? Nah, mulai sekarang berhati-hatilah dalam menggunakan laptop. Jangan sampai Anda mengulangi kesalahan tersebut.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini