Nenek Moyang Burung Ditemukan di China

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Kamis 11 Mei 2017, 19:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 05 11 56 1688790 nenek-moyang-burung-ditemukan-di-china-gKkVkae8Ru.jpg (Foto: Financial Express)

JAKARTA - Beibeilong sinensis atau bayi naga ditemukan di China dan telah hidup sekira 90 juta tahun lalu. Spesies dinosaurus yang menyerupai burung tersebut diperkirakan memiliki berat tiga ton dan panjang sekira delapan meter.

Spesies ini dipercaya memiliki hubungan dengan oviraptorosaur, dinosaurus berbulu, bersayap, dan kabarnya tengah berada di sarangnya untuk merawat anak-anaknya.

Studi yang dipublikasikan di jurnal Nature Communications menemukan spesies dinosaurus berdasarkan sejumlah temuan telur-telur besar dan embrio terkait yang dikumpulkan di China pada 1990.

Banyak fosil telur dikumpulkan di Henan dan diekspor ke luar China. "Fosil khusus ini berada di luar negeri selama lebih dari 20 tahun dan kembali ke China akhirnya memungkinkan kami untuk mempelajari spesimen dengan benar dan memberi nama spesies dinosaurus baru, Beibeilong sinensis atau naga bayi dari China," kata Professor Lu Junchang, ahli paleontologi di Chinese Academy of Geological Sciences.

Telur memiliki panjang 45 sentimeter (cm) dan berat sekira lima kilogram (kg). Berat tersebut membuatnya menjadi telur dinosaurus terbesar yang pernah ditemukan. Demikian dilansir dari Financial Express, Kamis (11/5/2017).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini