Palapa Ring Perbaiki Kualitas Jaringan Internet di Papua

Edy Siswanto, Jurnalis · Rabu 17 Mei 2017 16:09 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 17 207 1693288 palapa-ring-perbaiki-kualitas-jaringan-internet-di-papua-ETS9hgJ1C5.jpg Kepala Sub Direktorat Teknologi dan Infrastruktur E-government Kominfo, Ibenk Dwi Anggono (Foto: Edy Siswanto/Okezone)

JAYAPURA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI menanggapi keluhan pengguna internet di Jayapura yang menganggap koneksi internet yang masih sangat lambat.

Kepala Sub Direktorat Teknologi dan Infrastruktur E-government Kominfo Ibenk Dwi Anggono mengatakan, apa yang dialami oleh pengguna internet di Jayapura sama halnya dengan daerah-daerah lainnya di Pulau Jawa.

"Di daerah Jawa pun jaringan internet 4G-nya juga belum stabil, semuanya sama, tidak hanya di Jayapura saja," ujar Ibenk kepada wartawan, Rabu (17/5/2017).

Ia menuturkan, pihaknya tengah menjalankan proyek Palapa ring untuk memperkuat sistem jaringan internet di seluruh Papua hingga termasuk di wilayah pegunungan, guna meningkatkan komunikasi dan informasi yang lebih baik.

"Jadi nantinya semua daerah Kabupaten/Kota di Papua dan Papua Barat tahun 2019 diharapkan sudah bisa terhubung dengan fiber optik," ujarnya.

Namun, ada saja kendala ketika melakukan penanaman kabel fiber optik di beberapa tempat sehingga akan dicampur dengan pemasangan microwave.

Ia mencontohkan, hal tersebut sudah lebih dulu dilakukan di Pulau Jawa seperti di Kabupaten Kebumen, yang juga memiliki medan sulit.

"Di daerah Bogor, jaringannya juga cuma muncul 2 bar saja dari 5 bar normalnya. Jadi kondisi geografis di Indonesia memang sudah seperti itu," tambahnya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini