Agar Akses Internet Merata, Perlu Ada Network Sharing

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Rabu 17 Mei 2017, 12:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 05 17 54 1692977 agar-akses-internet-merata-peru-ada-network-sharing-l4NOBYbknr.jpg (Foto: Okezone)

JAKARTA - Di era digital seperti saat ini, internet telah menjadi kebutuhan pokok di tengah masyarakat. Namun, tak semua masyarakat Indonesia bisa menikmatinya. Selain karena akses yang terbatas, layanan telekomunikasi juga kebanyakan dikuasai oleh satu operator yang dominan.

Maka, pemerintah mendorong untuk membuat kebijakan yang dapat mempercepat penyebarang akses internet ke Nusantara. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sendiri, saat ini telah melaksanakan proyek palapa ring atau pembangun kabel serat optik.

Selain itu, pemerintah juga melakukan revisi terhadap PP No 52 tahun 2000 tentang penyelenggaraan telekomunikasi dan PP No 53 tahun 2000 tentang penggunaan spektrum frekuensi radio dan orbit satelit yang akan mengatur soal network sharing atau berbagi jaringan antar-operator.

"Adalah kewajiban pemerintah untuk meningkatkan infrastruktur telekomunikasi (serat optik) di luar Jawa, serta meningkatkan jumlah dan pemakaian telefon dan kecepatan pengiriman data untuk peningkatan perekonomian dan ketahanan nasional," ungkap Menkominfo Rudiantara di Jakarta, Selasa (16/5/2017).

Indonesia sendiri saat ini telah memiliki sejumlah nama operator yang memberikan layanannya seperti Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Smartfren, Hutchison 3, Ceria, dan Bakrie Telecom. Dengan banyaknya operator, mengakibatkan pasar telekomunikasi bersifat oligopoli. Belum lagi, dengan adanya operator yang dominan.

Oleh karena itu, menurutnya, network sharing bisa menjadi solusi agar layanan telekomunikasi, termasuk internet, bisa merata ke seluruh Indonesia. Karena bagi industri telekomunikasi, kepentingan utamanya adalah pengaturan persaingan usaha yang sehar efisien dan mendorong investasi.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini