Waduh, Akibat Pemanasan Global Terumbu Karang Hancur

Tachta Citra Elfira, Jurnalis · Rabu 17 Mei 2017, 20:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 05 17 56 1693551 waduh-akibat-pemanasan-global-terumbu-karang-hancur-FgG0CLvvJh.jpg Foto : The Washington Post

CANBERRA – Para ilmuwan telah menemukan kondisi buruk pada terumbu karang di Great Barrier Reef Australia. Batuan laut tersebut mengalami pemutihan secara meluas dalam beberapa tahun terakhir.

Terakhir ilmuwan juga menemukan kerusakan serupa pada terumbu karang di seluruh dunia, termasuk di Samudera Pasifik dan Laut Karibia. Sebuah ekspedisi baru juga dilakukan ke Kepulauan Chagos, mereka menemukan 60 pulau kecil di Samudera Hindia dan terumbu karang mengalami pemutihan bahkan sudah mati.

“Di perairan dangkal, di atas 15 meter dan di tempat-tempat yang sampai 20 meter, kita telah melihat banyak kematian karang, mungkin di suatu wilayah 90%. Ini adalah hal yang sangat menjengkelkan untuk dilihat, ketika terumbu karang ini telah berkembang dengan baik dan untuk melihat mereka pada dasarnya diatur ulang, jika Anda mau,” ungkap Jhon Turner, seorang profesor di Universitas Bangor di Wales sekaligus pemimpin ekspedisi.

Sebelumnya, hal ini pernah terjadi pada 2015 dan 2016, peristiwa ini disebabkan oleh kondisi hangat yang luar biasa, kemungkinan dipengaruhi juga oleh perubahan iklim dan efek El Nino yang luar biasa parah pada 2015.

Para ilmuwan juga telah menemukan bahwa terumbu karang di seluruh dunia telah terpengaruh oleh kondisi ini. Pemutihan tidak selalu mengakibatkan kematian pada terumbu karang. Ini adalah reaksi terhadap tekanan lingkungan, seperti suhu tinggi yang menyebabkan ganggang kecil yang hidup di dalam karang pergi. Demikian dinukil dari The Washington Post, Rabu (17/5/2017).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini