Google Search Bakal Permudah Pencarian Kerja

Dini Listiyani, Jurnalis · Kamis 18 Mei 2017, 11:34 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 05 18 207 1693931 google-search-bakal-permudah-pencarian-kerja-Hc0PDuuybM.jpg (Foto: Reuters)

MOUNTAIN VIEW - Google tak henti-hentinya memasukkan fitur anyar di semua lini layanannya. Setelah mengumumkan serangkaian update untuk smart home, VR, dan produk mobile, kini raksasa mesin peramban itu mengungkapkan fitur baru yang datang ke produk intinya, search engine.

Selama beberapa minggun ke depan, pengguna di Amerika Serikat (AS) bisa mencari daftar pekerjaan di Google.com melalui tool baru yang disebut Google for Jobs. Tool ini berfungsi mempermudah menemukan lowongan yang dekat dengan Anda dan posisi yang secara tradisional lebih sulit bagi portal yang ada untuk menemukan dan mengklasifikasikan (seperti pekerjaan ritel dan layanan).

Menurut Google yang dilansir Engadget, Kamis (18/5/2017), hampir setangah dari pengusaha AS mengatakan bahwa mereka masih memiliki masalah dalam mengisi posisi yang masih kosong, sementara pencari kerja belum tentu mengetahui daftar yang tersedia di dekat mereka.

Google mengatakan ini karena omzet tinggi, lalu lintas rendah dan ketidakkonsistenan yang berkaitan dengan lowongan kerja yang membuat mereka sulit diklasifikasikan oleh mesin. Google for Jobs akan disematkan di mesin pencari untuk membantu orang mencari pekerjaan di seluruh pengalaman dan tingkah upah.

Perusahaan yang dikepalai Sundar Pichai ini akan bermitra dengan Monster, CareerBuilder, LinkedIn, dan Glassdoor untuk memberikan konteks hasil yang lebih banyak. Pengguna bisa memfilter hasil berdasarkan tanggal posting, jabatan, dan lain-lain.

Google mengatakan bahwa ia menggunakan machine learning untuk menyesuaikan dengan apa yang dicari dengan apa yang digunakan untuk mendeskripsikan pekerjaan karena istilah tersebut sering kali tak selaras dengan sempurna.

(din)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini