Berkenalan dengan Satelit Rancangan Remaja yang Dilirik NASA

Lely Maulida, Jurnalis · Kamis 18 Mei 2017, 23:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 05 18 56 1694557 berkenalan-dengan-satelit-rancangan-remaja-yang-dilirik-nasa-2gDmg8ZF9v.jpg (Foto: Twitter)

JAKARTA – Kompetisi Cubes in Space yang didukung oleh NASA berhasil dimenangkan oleh remaja asal India. Remaja bernama Rifath Shaarook (18) itu merancang satelit yang dijuluki ‘KalamSat’.

Rifath bahkan mengatakan bahwa ia merancangnya dari nol.

“Kami merancang sepenuhnya dari nol. Ini akan memiliki komputer on-board baru dan delapan sensor built-in untuk mengukur percepatan, rotasi, dan magnetosfer Bumi,” ujar Rifath kepada Business Standard yang dikutip BBC, Kamis (18/5/2017).

KalamSat memiliki berat 64 gram (0,14 lb) dan akan memulai misi sub-orbital selama empat jam yang akan diluncurkan dari NASA Wallops Flight Facility di Virginia pada 21 Juni. Satelit ini telah diposisikan dalam gaya berat mikro, tujuannya adalah untuk menguji daya tahan casing-nya yang sangat ringan dan dicetak 3D.

Pada 21 Juni, pesawat berbahan polimer itu akan diluncurkan ke penerbangan sub-orbital, di mana pesawat akan menyelesaikan perjalanan pulang dan pergi selama empat jam. Satelit itu juga akan online selama 12 menit di lingkungan gravitasi mikro.

Belum lama ini, NASA memang mengungkapkan tidak selalu menggunakan ide dari para ilmuwan dan insinyurnya. Tidak peduli siapa dan dari mana asalnya, jika memang kompeten di bidang sains, ia dapat menjadi bagian dari lembaga yang dimiliki Amerika Serikat tersebut.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini