Langkah Microsoft Setelah Tangkal Ransomware WannaCry

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Jum'at 19 Mei 2017, 14:24 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 05 19 207 1695051 langkah-microsoft-setelah-tangkal-ransomware-wannacry-qS2xuRESx7.jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)

CALIFORNIA - Microsoft telah memperlambat penyebaran ransomware WannaCry. Seperti diketahui, perusahaan mengeluarkan update pada mesin yang berjalan di software lama seperti Windows XP.

Dilansir Cnet, Jumat (19/5/2017), Microsoft telah membuat patch yang tersedia gratis untuk mesin Windows XP pada jumat lalu, namun kerusakan telah terjadi. Perusahaan sejak saat itu berusaha meyakinkan pengguna untuk beralih ke Windows 10 yang diklaim lebih aman.

Meskipun kekurangan yang ada pada OS Windows versi lama telah ditutup, namun masih banyak pengguna yang memakai versi lawas tersebut. OS Windows versi lama dianggap masih rentan dari serangan virus atau malware.

"Menyadari karena berbagai alasan bisnis, perusahaan terkadang memilih untuk tidak melakukan upgrade bahkan setelah 10 atau 15 tahun," kata juru bicara Microsoft.

Menurutnya, pengguna perlu upgrade dan menyadari manfaat penuh dari versi terbaru ketimbang memilih dukungan secara custom seperti patch yang dikeluarkan beberapa waktu lalu.

Ahli keamanan setuju bahwa proteksi terbaik ialah memakai sistem yang lebih update dan memiliki inovasi pertahanan lebih terkini. "Sistem yang lebih tua, bahkan jika sepenuhnya update, tidak memiliki perlindungan terbaru," tambahnya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini