Akses Teknologi Harus Adil dan Merata

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Jum'at 19 Mei 2017, 15:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 05 19 207 1695153 akses-teknologi-harus-adil-dan-merata-NQWoOhqOy0.jpg (Foto: BGR)

JAKARTA - Memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang jatuh pada hari ini, Jumat (19/5/2017), Kementerian Komunikasi mengangkat tema ‘Bangkit Indonesia: Adil dan Merata’.

Melalui akun Twitter-nya, Kementerian yang dinakhodai oleh Rudiantara itu menjelaskan peran kemajuan teknologi untuk berbagai bidang yang dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat dan pemerataan kesempatan melalui sharing ekonomi, inklusi keuangan, dan digitalisasi tenaga kerja.

Peningkatan kompetensi masyarakat juga diperlukan untuk menekan bias dari pembangunan infrastruktur akibat dari sosio-kultur yang kurang memadai. Oleh karena itu pihaknya pun menekankan empat poin utama guna melakukan pemerataan.

Pertama ialah melakukan pelatihan dan sertifikasi angkatan kerja muda. Kedua, memfasilitasi lapangan kerja dan peningkatan keterampilan tenaga kerja di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) bagi penyandang disabilitas.

Serta ketiga, penciptaan entrepreneur baru yang akan jadi awal untuk menciptakan masa depan ekonomi digital Indonesia. Terakhir, yakni peningkatan literasi digital Indonesia berbasis komunitas.

"Indonesia berpotensi jadi kekuatan yang besar dr sisi digitalisasi.Saat ini 23,6 juta rumah tangga telah terhubung ke TIK #BangkitIndonesia," tulis akun Kemkominfo di Twitter hari ini.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini