LAPORAN DARI AS: Wah, Android Go Siap Jadi 'Penolong' Pengguna Ponsel Murah, Seperti Apa Kehebatannya?

Amril Amarullah, Jurnalis · Jum'at 19 Mei 2017, 23:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 05 19 207 1695706 laporan-dari-as-wah-android-go-siap-jadi-penolong-pengguna-ponsel-murah-seperti-apa-kehebatannya-IKumjxFgTw.jpg (Foto: Amril Amarullah/Okezone)

MOUNTAIN VIEW - Pengguna Android di dunia tembus angka 2 miliar. Sungguh angka yang fantastis dalam sebuah pencapaian aplikasi besutan Google itu.

Karena itu, untuk memudahkan pengguna Android, terutama mereka yang memiliki smartphone dengan harga murah dan hanya memiliki fasilitas memori kecil, Google menghadirkan "Android Go" yang merupakan versi ringan dari Android O.

Dave Burke, VP of Engineering Google mengatakan, melalui platfom ini, ponsel akan bekerja optimal meskipun itu adalah smartphone murah, bermemori di bawah 1 GB atau hanya 512 MB.

Dan perangkat Android Go ini secara otomatis akan tersemat ke dalam smartphone dengan RAM rendah tersebut atau di bawah 1 GB, dengan tujuan agar tidak boros penggunaan data. Di situlah Android Go akan bekerja menyinkronkan.

Android Go diciptakan dengan fitur-fitur yang relevan untuk pengguna dengan konektivitas data terbatas dan berbicara dalam berbagai bahasa, dan hidup melalui 3 area utama: OS Android, Aplikasi Google, dan Google Play Store.

"Kami mengoptimalkan peluncuran dari Android terbaru, dimulai dengan Android O, untuk dapat berjalan dengan lancar di perangkat entry-level," ujar Burke.

"Kami juga merancang aplikasi Google seperti YouTube Go, Chrome dan Gboard untuk menggunakan lebih sedikit memori, penyimpanan dan penggunaan data," tambahnya.

Selain itu, akan ada versi dari Play Store yang menonjolkan aplikasi yang secara khusus dirancang untuk pengguna berbentuk website bernama Building for Billions.

"Kami sangat senang untuk berbagi pembaruan kepada Anda mengenai semua proyek Android ini selama beberapa bulan ke depan," jelasnya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini