Wow, Teknologi AI Bisa Main Game GTA V

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Jum'at 19 Mei 2017, 16:12 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 05 19 326 1695225 wow-teknologi-ai-bisa-main-game-gta-v-Bf28Zjw134.jpg (Foto: Twitch)

CALIFORNIA - Teknologi Artificial Intelligence (AI) terus dikembangkan agar semakin pintar. Teknologi tersebut memungkinkan komputer untuk menyelesaikan tugas atau melakukan suatu pekerjaan yang rumit.

Dilansir Engadget, Jumat (19/5/2017), Programmer Harrison 'Sentdex' Kinsley menciptakan AI atau 'convolutional neural network' yang dinamakan Charles. Ia bisa mengajari dirinya sendiri melalui pembelajaran mendalam.

Meskipun kedengarannya canggih, sejauh ini Charles belum menguasai saat menghindari tabrakan dengan mobil, dan tampaknya belum mengetahui mengenai rambu lalu lintas dan orang-orang di dalam permainan.

Apabila AI ini dilepas di jalanan yang sesungguhnya, maka polisi di dunia nyata mungkin bisa bertindak cepat. Teknologi AI yang bermain game GTA V itu ditayangkan di platform Twitch.

Menurut Kinsley, Charles bisa mempelajari sesuatu berdasarkan satu frame tunggal pada satu waktu. Charles hanya bisa melihat tampilan yang dilihat oleh mata manusia.

Dengan kata lain, mesin melihat berdasarkan kamera di jalanan yang sesungguhnya. Mesin itu belum bisa memiliki daya ingat seperti manusia. Sehingga ini akan berpengaruh terhadap setiap keputusan.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini