Gara-Gara Tip, Developer China Tak Terima Kebijakan Baru Apple

Lely Maulida, Jurnalis · Sabtu 20 Mei 2017, 13:42 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 05 20 207 1695889 gara-gara-tip-developer-china-tak-terima-kebijakan-baru-apple-qfJ7rhQoO9.jpg (Foto: Reuters)

BEIJING – Perancang aplikasi China kabarnya merasa jengkel terhadap Apple. Hal tersebut diakibatkan oleh kebijakan Apple yang menerima tip dari pembelian aplikasi, seperti dilaporkan The Wall Street Journal.

Hal tersebut menunjukkan jika jejaring sosial yang populer di China akan memberikan sumbangan untuk memenuhi syarat dan menambah pendapatan Apple.  

Tak seperti di AS dan pasar Barat lainnya, umumnya di China tip dalam aplikasi adalah wujud terima kasih 1kepada para kreator dan developer dengan memberikan barang secara gratis.


Namun Apple pada April 2017 meminta para pembuat aplikasi menonaktifkan fungsi tip untuk kebijakan App Store yang baru. Kebijakan baru akan mengenali tip apa pun sebagai pembelian dalam aplikasi resmi. Para developer yang tak mematuhinya, berisiko dikeluarkan dari App Store.

Perdebatan mengenai tip ini merupakan tanda lain bahwa hubungan Apple dengan China semakin rentan. Perdebatan ini juga menjadi perhatian pembuat iPhone yang mengalami penyusutan pendapatan akibat tergeser oleh vendor lokal di China. Demikian seperti dilansir dari The Verge, Sabtu (20/5/2017).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini