Kominfo Uji Performa Jaringan Telekomunikasi Hadapi Arus Mudik

Tachta Citra Elfira, Jurnalis · Selasa 23 Mei 2017, 13:49 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 05 23 54 1697823 kominfo-uji-performa-jaringan-telekomunikasi-hadapi-arus-mudik-82LDuY8PhU.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) dan Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) serta seluruh operator seluler melakulan Apel Kesiapan Bidang Telekomunikasi dan Penyiaran. Apel ini dilakukan guna mengantisipasi lonjakan pemudik saat lebaran 2017.

Pengujian jaringan akan dilakukan dalam rentang waktu pada Mei 2017 di titik keberangkatan mudik, jalur mudik dan arus balik serta titik kedatangan mudik.

"Kita fokuskan untuk lonjakan di bandara Bali, karena setiap tahun semakin meningkat ya," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara di Gedung Kominfo, Selasa (23/5/2017).

Untuk mengantisipasi kebutuhan, Kominfo melihat dari dua hal yakni Coverage, jika ada jalur mudik yang belum ter-cover maka setiap operator harus menaruh mobile BTS (satelit) yang akan berada di 300 titik arus mudik lebaran. Kedua persoalan kapasitas, hal ini hanya meng-handle traffic pada titik tertentu arus mudik dengan menggunakan mobile BTS.

Tak luput, Kominfo kabarnya sedang menguji aplikasi pada smatphone untuk memudahkan pemudik memantau arus mudik.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini