Pantauan Hilal Bisa Dilihat via Streaming

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Jum'at 26 Mei 2017 17:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 05 26 56 1700634 pantauan-hilal-bisa-dilihat-via-streaming-PGc6j4asNz.jpg (Foto: Antara)

JAKARTA - Hari ini, umat Islam di Indonesia sedang menunggu keputusan dari Kementerian Agama RI mengenai penetapan awal bulan suci Ramadan. Keputusan itu sendiri akan berdasarkan pemantauan hilal yang akan dilaksanakan pada sore ini.

Pemantauan akan dilakukan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang berlangsung di Kantor Pusatnya, di Kemayoran, Jakarta Utara, Jumat (26/5/2017) sore.

Hilal merupakan penanda dimulainya bulan suci Ramadan untuk mengetahui kapan umat Islam mulai berpuasa. Hilal sendiri ditandai dengan adanya bulan sabit tipis yang dapat dilihat setelah terjadinya konjungsi di arah matahari terbenam.

Adapun peralatan yang digunakan untuk memantau hilal ialah ialah Teleskop Vixen tipe ED 815, Detector Prime Focus, Kompas Brunton, GPS Garmin 76cCSX, Baffle Tabung, serta software Astro Photography Tools dan Adobe Photoshop.

Masyarakat bisa menyaksikan pemantauan hilal secara streaming di berbagai daerah dari sabang hingga merauke. Streaming bisa disaksikan melalui situs BKMG (di sini) dan Hagi (di sini).

Untuk tahun ini, menurut hasil hisab Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), konjungsi terjadi pada Jumat 26 Mei 2017 pukul 02.44 WIB.

Tinggi hilal pada tanggal tersebut dari wilayah timur Indonesia yaitu di Jayapura, Papua 6,81 derajat, dan di wilayah barat indonesia yaitu di Tua Pejat, Sumatera barat 8,36 derajat.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini