Share

Mencicipi Cool Dual, Ponsel Dual Kamera Penantang Redmi Pro

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Jum'at 26 Mei 2017 17:14 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 26 92 1700651 mencicipi-cool-dual-ponsel-dual-kamera-penantang-redmi-pro-ayr0iiJ9Hv.jpg Coolpad Cool Dual (Foto: Ahmad Luthfi/Okezone)

JAKARTA - Fitur ponsel terus berkembang dan produsen menghadirkan inovasi yang menarik minat para konsumen. Salah satu poin yang ingin ditonjolkan dari sebuah ponsel ialah kemampuan kamera.

Salah satu produsen ponsel asal China, Coolpad mengeluarkan handset Cool Dual yang memiliki fitur dual kamera belakang. Handset ini tampak berani di antara handset-handset lainnya yang juga mengusung kemampuan serupa, sebut saja Redmi Pro, Zenfone Zoom S, Huawei P9 hingga iPhone 7 Plus.

Seperti apa kemampuan Cool Dual, Okezone sempat menjajal fitur-fitur pada ponsel tersebut.

Desain

Dari sisi desain, ponsel Cool Dual terlihat kekinian dengan layar 5,5 inci, bodi berbalut perak dengan bezel sisi kiri dan kanan yang tidak terlalu tipis. Bagian sudut tampil melengkung atau tidak lancip dan tampak memiliki garis pinggir di sekujur sisi dengan material logam.

Pada bagian depan, terdapat tombol utama di bawah layar untuk fungsi home, back serta recent apps. Ketiga tombol ini bisa menyala apabila salah satunya ditekan. Terdapat kamera depan yang terletak di atas layar.

 

Pengguna mungkin mengira bahwa Cool Dual memiliki fitur dual kamera depan dengan melihat dua bulatan hitam, namun ketika kamera depan diaktifkan, ternyata hanya satu lensa kamera yang membidik wajah pengguna.

Sedangkan pada bagian punggung, handset memiliki dual kamera bergaya vertikal, tidak seperti iPhone 7 Plus yang bergaya horizontal. Selain itu, terdapat sensor sidik jari di bawah dual kamera, yang bisa langsung disentuh jari pengguna ketika menggenggam handset tersebut.

 

Pada bagian bawah, terdapat dua kelompok lubang-lubang kecil speaker yang terdengar hanya mengeluarkan bunyi di salah satu kelompoknya. Ada pula lubang untuk konektor Type-C untuk pengisian daya.

Sementara pada bagian atas, terlihat lubang untuk fitur jack audio 3.5mm serta bulatan yang tampaknya merupakan fitur inframerah untuk fungsi remote control.

Fitur

Fitur yang paling menonjol dari handset ini tentunya ialah dual kamera dan sensor sidik jari. Khusus sensor sidik jari, handset mendukung hingga perekaman 5 jari pengguna yang berbeda-beda. Setiap jari bisa dinamakan sesuai keinginan pengguna.

Dengan memanfaatkan sensor sidik jari, memudahkan pengguna pada saat hendak membuka ponsel saat posisi mati layar atau terkunci. Sensor sidik jari juga membantu mempercepat pengguna langsung dapat mengakses ponsel ketimbang mengandalkan fitur keamanan seperti pola atau mengetik password.

Untuk kamera belakang, pengguna bisa menemukan fitur-fitur mutakhir seperti modus profesional serta mengaktifkan fitur SLR dengan icon menyerupai aperture. Fitur SLR inilah yang mengandalkan dual lensa kamera di belakang untuk menciptakan efek bokeh pada foto.

Setelah fitur SLR diaktifkan, maka hasil tangkapan foto bisa dilihat kembali dan pengguna bisa memilih titik fokus pada objek yang telah diabadikan. Dalam posisi ini, pengguna diberikan opsi tingkat ketajaman fokus objek sesuai keinginan pengguna.

Sementara pada fitur kamera belakang Pro, pengguna bisa melakukan pengaturan manual untuk White Balance, ISO, Exposure hingga fokus objek. Selain modus Pro, pengguna juga bisa menemukan modus Beauty dan Night.

Beralih ke video, Coolpad Cool Dual mendukung fitur-fitur yang cukup menarik seperti pilihan resolusi mulai dari HD hingga 4K serta Slow Video.

Benchmark

Coolpad Cool Dual telah diuji dengan beberapa benchmark seperti AnTuTu dan Geekbench. Pada aplikasi AnTuTu menunjukkan handset sanggup mencapai skor 81.738. Bila dilihat dari daftar skor, skor ini masih berada di bawah Meizu MX6 dan Oppo R9S Plus.

 

Saat menjalankan aplikasi Geekbench, perangkat menunjukkan skor 1.415 (Single-core) dan 2.924 (Multi-core). Sementara saat memainkan Asphalt 8: Airborne, perangkat cukup dapat diandalkan untuk bermain game 3D dengan grafis tingkat tinggi.

 

Pengalaman penggunaan

Coolpad Cool Dual dengan RAM 3GB dapat diandalkan untuk membuka aplikasi secara cepat dan performa yang cukup tangguh dengan tugas multitasking. Meskipun demikian, bila di-push pekerjaan yang berat, terasa panas pada bagian atas bodi ponsel.

 

Coolpad menawarkan dual kamera yang cukup menarik. Sehingga, pengguna bisa mengatur titik fokus objek foto setelah gambar berhasil ditangkap. Hanya saja, titik fokus lebih sempurna bila memang sejak awal pengguna menarget titik fokus tersebut.

Untuk kualitas suara, kemampuan speaker Cool Dual cukup standar menghasilkan suara yang jernih. Walau memiliki dua kelompok lubang-lubang speaker (grill speaker), nyatanya hanya satu grill speaker yang mengeluarkan suara. Ini yang mungkin membuat audio terdengar mono dan kurang begitu nyaring.

Adu Spesifikasi Coolpad Cool Dual dengan Redmi Pro

Cool Dual dan Redmi Pro sama-sama diproduksi oleh produsen asal China. Namun perbedaan dari keduanya dapat dilihat pada spesifikasi berikut ini.

Bila Cool Dual mengusung Qualcomm MSM8976 Snapdragon 652, Redmi Pro tampil dengan prosesor Mediatek MT6797 Helio X20. Selain itu, Cool Dual diperkuat dengan GPU Adreno 510, sementara pesaingnya dengan GPU Mali-T880 MP4

 

Xiaomi Redmi Pro (Foto: NDTV)

Kedua handset dengan layar 5,5 inci itu memiliki baterai berkapasitas yang hampir tidak berbeda, yakni 4.000 mAh untuk Cool Dual dan 4.050 mAh pada Redmi Pro, menurut Gsmarena. Handset ini juga memiliki varian RAM yang serupa, yakni 3GB dengan storage 32GB.

Coolpad Cool Dual

- Layar 5,5 inci

- Prosesor Qualcomm MSM8976 Snapdragon 652

- GPU Adreno 510

- RAM 3GB

- Storage internal 32GB

- Kamera belakang dual 13MP dan kamera depan 8MP

- Baterai 4.000 mAh

- Android Marshmallow 6.0.1

 

Spesifikasi Redmi Pro

- Layar 5,5 inci

- Prosesor Mediatek MT6797 Helio X20

- GPU Mali-T880 MP4

- RAM 3GB/4GB

- Storage internal 32/64/128GB

- Kamera belakang dual 13MP + 5MP serta kamera depan 5MP

- Baterai 4.050 mAh

- Android 6.0 (Marshmallow)

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini