Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kesalahan Komputer Alasan Astronot Asal Eropa Alami Kecelakaan di Mars

Tachta Citra Elfira, Jurnalis · Senin 29 Mei 2017 13:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 05 29 56 1702157 astronot-asal-eropa-kecelakaan-di-mars-kenapa-xUIsmajO5V.jpg Foto : The Verge

JAKARTA – Schiaparelli, astronot pada misi ExoMars, kehilangan kontak dengan Badan Antariksa Eropa saat ia berusaha mendarat di Mars. Diduga akibat kesalahan teknis pada komputer atau data navigasi yang eror.

Mendapati laporan The Verge, Senin (29/5/2017), kini sebuah penyelidikan independen telah mengeluarkan laporan akhir, mereka mengungkapkan perangkat lunak yang bermasalah menyebabkan kapsul mengalami kecelakaan.

Parasut kendaraan tersebut dipasang seperti yang diharapkan, namun unit pengukuran inertialnya memicu peringatan. Hal ini menyebabkan sistem pendarat menganggap pesawat ruang angkasa itu lebih dekat ke tanah dan melepaskan parasut kapsul lebih awal serta menyalakan sistem kontrol reaksi selama beberapa detik.

Ketika RCS ditutup, kapsul masih berada di atas dua mil di udara yang menyebabkan Schiaparelli jatuh bebas dan berdampak pada permukaan Mars sekira 34 detik kemudian. Subkontraktor dan perangkat keras ialah penyebab kecelakaan tersebut.

Sementara pendarat Schiaparelli telah hancur. Peristiwa ini menjadi pengalaman untuk misi ExoMars pada 2020 yang akan membawa muatan yang lebih. Misi ini juga akan membawa pesawat ruang angkasa yakni Trace Gas Orboter (TGO) dan mengukur komposisi atmosfer planet akhir tahun ini.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini