Lama Mangkrak, Kominfo Harus Segera Lelang Frekuensi 2,1 GHz

Lely Maulida, Jurnalis · Selasa 30 Mei 2017, 19:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 05 30 54 1703701 lama-mangkrak-kominfo-harus-segera-lelang-frekuensi-2-1-ghz-NAJ6AD8RAo.jpg (Foto: Financial Express)

JAKARTA – Lelang frekuensi yang dicanangkan pemerintah disambut baik oleh operator telekomunikasi Tanah Air. Sayangnya, hingga saat ini aturan lelang frekuensi tersebut belum juga disahkan.

Pengamat multimedia, Heru Sutadi, mengatakan, persiapan lelang sejatinya membutuhkan waktu hanya tiga bulan saja. Nyatanya, proses lelang frekuensi tersebut mangkrak hingga saat ini.

Heru menyarankan agar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terlebih dahulu melelang frekuensi 2,1 GHz. Pasalnya pita frekuensi tersebut telah lama menganggur.

“Kalau kesulitan lelang bersama dengan 2,3 GHz yg berpotensi sengketa, lakukan lelang lebih dulu untuk 2,1 GHz. Sebab 2,1 GHz yang sebesar 10 MHz sudah nganggur lama,” kata Heru kepada Okezone, Selasa (30/5/2017).

Menurutnya, langkah pemerintah untuk lelang frekuensi akan menghasilkan pendapatan bagi negara. Pendapatan berkat lelang frekuensi bahkan mencapai triliunan per tahunnya.

“Padahal kalau segera dialokasikan, negara akan mendapat pendapatan besar dari frekuensi yang dipakai, bisa 1,5 triliunan per tahun,” ujarnya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini