Techno of The Week: Intip Cara Tingkatkan Kinerja RAM Smartphone Android

Dini Listiyani, Jurnalis · Sabtu 03 Juni 2017, 07:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 02 92 1706353 techno-of-the-week-intip-cara-tingkatkan-kinerja-ram-smartphone-android-7N56Ochbsw.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA – Salah satu keutamaan menggunakan smartphone Android adalah banyaknya aplikasi yang mendukung platform. Namun, terkadang kebanyakan aplikasi dan padatnya aktivitas yang dilakukan di smartphone bisa membuat kinerja ponsel lambat.

Lambatnya kinerja smartphone bisa dipicu oleh random acces memory (RAM) yang tak lega sehingga pengguna perlu memerhatikan hal itu. Berikut ini ada cara untuk meningkatkan kinerja RAM smartphone Android yang dikutip Okezone dari Techspot, Sabtu (3/6/2017).

Bersihkan Chace

Banyak aplikasi yang mengandalkan chace data untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Namun, tambahan dari data chace itu akan membuat kinerja RAM melambat.

Hapus chace data dari berbagai aplikasi yang Anda gunakan melalui menu pengaturan smartphone Anda. Jika ingin menempuh langkah yang lebih sederhana, Anda dapat mengunduh aplikasi booster yang dapat mengakumulasikan berbagai data pada smartphone sekaligus membuang file yang tak perlu.

Nonaktifkan Animasi

Banyak vendor smartphone yang mengusung tampilan apik agar menarik minat penggunanya. Tampilan animasi juga tak jarang membuat smartphone terkesan mewah. Namun rupanya, hal tersebut mampu menyedot RAM pada smartphone Anda.

Dengan menonaktifkan fitur animasi tersebut, RAM smartphone Anda akan lebih mudah bergerak dalam menampilkan deretan tampilan aplikasi yang dibuka atau digunakan. Hal tersebut termasuk langkah yang mudah untuk meningkatkan kinerja RAM smartphone Android Anda.

Jangan Gunakan Wallpaper Live

Wallpaper live tak jarang terpasang secara otomatis pada smartphone yang Anda beli. Meski tampilannya membuat smartphone lebih menarik, wallpaper live juga memakan ruang pada RAM.

Untuk membuat RAM lebih longgar, baiknya Anda menonaktifkan fitur tersebut. Anda bisa mengganti wallpaper dengan foto Anda sendiri yang tak dapat membuat tampilan smartphone tetap menarik.

Instal Aplikasi yang Dibutuhkan Saja

Langkah ini cukup membuat ruang RAM pada smartphone Android Anda lebih lega. Aplikasi dengan deretan layanan yang ditawarkan mampu memanjakan penggunanya.

Namun tak jarang, daftar aplikasi itu seiring waktu tak lagi digunakan. Memilah aplikasi yang jarang Anda gunakan merupakan cara yang lebih baik untuk meningkatkan kinerja RAM smartphone Android Anda.

(din)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini