Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Ikut Aturan Main, Kominfo Akan Tutup Facebook Cs

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Senin 05 Juni 2017 21:18 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 05 207 1708344 tak-ikut-aturan-main-kominfo-akan-tutup-facebook-cs-UexI4ChgAw.jpg Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara

JAKARTA - Merebaknya konten negatif di media sosial memang cukup meresahkan. Oleh karena itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika meminta kepada pemilik layanan over the top seperti Facebook, Twitter dan lainnya untuk patuh pada peraturan pemerintah.

Jika tidak, pihaknya bisa saja mengambil tindakan tegas dengan memblokir akses layanan tersebut. Hal itu ditegaskan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, saat menerima fatwa bermedia sosial di Gedung Kominfo, Senin (5/6/2017).

"Minggu lalu kami rapat dengan DPR. Karena situasi banyak yang negatif, banyak yg merusak hubungan, satu keputusannya yakni memberikan kewenangan untuk menutup akun. Tapi bukan itu saja, Kominfo juga bisa tutup akses penyelenggara," kata Rudiantara.

Oleh karena itu, menteri yang akrab disapa Chief RA tersebut menginginkan agar pemilik layanan OTT dapat bekerja sama dan memberikan pelayanan atau service level yang memprioritaskan pemerintah jika ditemukan konten bermuatan negatif.

Untuk itu, Kominfo berencana untuk menemui salah satu pemilik layanan, yakni Facebook di Singapura. Pertemuan itu akan dilakukan oleh Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (APTIKA) pada 7 Juni 2017.

"Tanggal 7 nanti kami akan datangi Facebook untuk membahas langkah penanggulangan konten negatif, kami akan tegas untuk masalah ini," ungkap Dirjen APTIKA, Semuel Abrijani Pangerapan saat ditemui usai acara.

Pihaknya akan mendesak agar Facebook turut aktif berkontribusi dalam mengurangi konten negatif dan berharap memiliki tim pengawas agar lebih cepat mengenali temuan konten negatif di Indonesia.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini