Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menjelajah Kantor Google di California, Surganya Para Pekerja Penghasil Aplikasi Teknologi

Amril Amarullah, Jurnalis · Selasa 06 Juni 2017 15:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 06 06 207 1708964 menjelajah-kantor-google-di-california-surganya-para-pekerja-penghasil-aplikasi-teknologi-Qz7UxEptxi.jpg Kantor pusat Google di Mountain View, California, Amerika Serikat (foto: Amril/Okezone)

MOUNTAIN VIEW - Mendengar nama Google, yang terbesit dalam pikiran adalah mesin pencari. Diklaim sebagai yang tercanggih, para netizen Indonesia menjulukinya ‘Mbah Google’. Bahkan ‘si Mbah’ dikatakan sebagai orangtua yang bijak dan tahu banyak hal.

Penasaran seperti apa keseharian para karyawannya dalam melayani jutaan netter dunia dan seperti apa juga megahnya kantor Google yang terletak di Mountain View, California, Amerika Serikat? Berikut pemaparan lengkapnya.

Okezone.com akan mengajak mengelilingi ‘Google Campus’ yang akrab disebut Googleplex ini, mulai dari ruang kerja, fasilitas bermain, olahraga, makan gratis, laundry , hingga tempat tidur siang pun tersedia.

Saking nyamannya bekerja di Google, setiap 25 detik, Google menerima satu lamaran pekerjaan. Bahkan dalam sehari, perusahaan raksasa ini dibanjiri oleh 40.000 lamaran pekerjaan dan magang. Tentu saja, apa yang ada di Google ini bukan semata-mata karena tingginy gaji dan karier yang menjanjikan. Lebih dari itu, Google sangat memerhatikan karyawannya.

Semuanya ditata dan disiapkan perusahaan sangat luar biasa sekali. Konsep yang ditawarkan sangat mewah, unik, prestis, dan kenyamanan yang sulit dimiliki perusahaan lain manapun di dunia. Dengan begitu, diharapkan produktivitas karyawan dapat terwujud, sehingga menghasilkan banyak produk baru dan inovatif tentunya.

Perusahaan raksasa internet dengan slogan ‘Don’t be evil’ itu mengganggap jika kerja seharusnya menantang dan tantangan itu haruslah menyenangkan. Hal tersebut menggambarkan budaya santai yang diterapkan perusahaan sekelas Google.

Okezone.com yang mendapat kesempatan bisa berkunjung langsung ke kantor yang luasnya 37 hektare itu, tentu tidak ingin menyia-nyiakan momentum baik ini untuk berbagi pengalaman menjelajah kantor yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada September 1998 ini.

Pada 19 tahun silam, ketika Google baru berdiri, karyawannya hanya berjumlah 100-an orang, juga bekerja di ruangan kecil dan sempit. Sehingga bila menengok sejarahnya, dalam satu ruangan antara pimpinan dan bawahan bisa bekerja satu ruangan bersama-sama.

Jauh berbeda dengan saat ini, semua seperti surganya para karyawan. Salah satu contohnya ketika memasuki kafe yang bernama Charlie’s Cafe, karena memang memiliki ruangan cukup luas, sehingga mampu menampung ratusan karyawan Google yang akan santap makan siang.

Kafe tersebut menyediakan beragam makanan pilihan, mulai dari Eropa, Asia, bahkan makanan khas Indonesia seperti tempe dan tahu pun ada di kafe tersebut. Beranjak ke gedung lainnya, Okezone.com mendapat kesempatan juga ke fasilitas lain seperti game, olahraga, dan juga Google Store. Ada juga fasilitas lain seperti pijat spa, gym, fitness indoor, tempat bermain anak-anak. Yang membuat bekerja di Google terlihat santai yaitu para karyawannya yang berpakaian bebas. Mereka tidak memiliki aturan ataupun seragam untuk bekerja.

Karyawan juga akan mendapatkan berbagai fasilitas seperti potong rambut gratis, periksa kesehatan gratis bagi karyawan dan anak-anaknya, bahkan karyawan juga diperkenankan untuk membawa binatang peliharaan saat bekerja serta bermain sepeda. Apalagi Google menyiapkan lebih dari 700 sepeda yang bisa digunakan siapa pun yang berada di kompleks Googleplex.