Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diam-Diam Foxconn Bangun Pabrik di Batam

Lely Maulida, Jurnalis · Rabu 07 Juni 2017 16:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 07 207 1710121 diam-diam-foxconn-bangun-pabrik-di-batam-GyznNWHLxq.jpg (Foto: Indian Times)

JAKARTA – Gembar-gembor pabrik Foxconn telah lama mencuat di Tanah Air. Namun kabar tersebut hingga saat ini tak menemukan titik temu.

Rupanya, perusahaan asal Taiwan itu telah membangun pabrik yang memproduksi smartphone di Indonesia. Melalui anak usahanya, PT Infocus Consumer (ICI), Foxconn membangun pabrik perakitan smartphone di daerah Batam.

“Sekarang kita bangun company ICI Indonesia, itu milik Foxconn, jadi kita invest di Batam,” kata Country Director PT. Infocus Consumer International (ICI) Indonesia, Sukaca Purwokardjono kepada Okezone di Jakarta, Rabu (7/6/2017).

Ia juga menegaskan bahwa rencana Foxconn untuk membangun pabriknya di Tanah Air batal dilakukan.

“Kan udah ada di Batam, nanti melayani seluruh indonesia,” ujarnya.

Pabrik tersebut bahkan dijelaskan Sukaca sudah mulai beroperasi, meski masih memerlukan peningkatan. Untuk saat ini, ICI Indonesia memiliki dua line dalam merakit smartphone.

“Udah jalan produksi, kita baru ada dua line kapasitas mungkin ada kurang lebih seribu, tapi itu masih kita perlu optimasi,” terang Sukaca.

Seperti Foxconn di China, ICI Indonesia hanya akan merakit smartphone satu brand, yakni Sharp. Dalam praktiknya, ICI Indonesia juga menggandeng PT Satnusa Persada untuk merakit smartphone.

“Ada beberapa pekerjaan yang dikerjakan Satnusa tapi ada pekerjaan yang kita kerjakan sendiri,” katanya.

Diinformasikan sebelumnya, sejak 2013 Foxconn berencana membangun pabrik di Indonesia. Namun rencana tersebut tak kunjung terealisasi karena masalah lahan. Akhirnya Foxconn memilih India yang memfasilitasi lahan sekira 1.500 hektare.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini