Ini Fitur Baru di iOS 11

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Kamis 08 Juni 2017 12:27 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 08 207 1710770 ini-fitur-baru-di-ios-11-tEMQPXkDKS.jpg (Foto: PC Advisor)

JAKARTA - Bersamaan dengan ajang kumpul para developer Worldwide Developer Conference (WWDC) 2017, Apple mengumumkan kehadiran iOS 11 yang membawa sejumlah fitur baru di dalamnya.

Berasarkan catatan Okezone, total fitur baru yang disajikan Apple di OS generasi ke-11 itu berjumlah delapan fitur. Lantas, apa saja fitur tersebut? Berikut ini daftarnya.

Integrasi Pesan

Salah satu fitur baru di iOS 11 menyertakan pesan tersinkronisasi pada iOS dan macOS. Misalnya, jika Anda menghapus pesan di Mac, maka akan terhapus secara otomatis dari iPhone atau iPad.

Siri Lebih Cerdas

Apple juga telah membuat perbaikan yang cukup besar pada Siri di iOS 11. Asisten suara itu kini akan terdengar lebih alami saat merespons pengguna. Siri juga mampu melakukan terjemahan dalam berbagai bahasa termasuk bahasa Inggris, Jerman, Italia, Prancis, China, dan Spanyol.

Siri memiliki fitur ‘kecerdasan’ yang memungkinkannya memberi saran ketertarikan pengguna terhadap sesuatu. Ia dapat menyajikan artikel berita berdasarkan preferensi pengguna atau saran prediksi tentang tugas apa yang harus mereka lakukan selanjutnya.

Jalan Pintas

Selanjutnya, iOS 11 telah membawa Control Center yang didesain ulang sepenuhnya ke perangkat iOS. Ini adalah panel yang muncul saat pengguna meluncur di layar perangkat. Mereka dapat menggunakan satu panel untuk mengakses pengaturan dan fitur penting dengan satu ketukan di layar.

Apple Pay

Kemudian, Apple Pay akhirnya dapat melakukan pembayaran dari orang ke orang dengan iOS 11. Ini akan memungkinkan Apple bersaing dengan Square Cash dan Venmo. iOS 11 akan membawa Apple Pay Cash Card yang juga untuk menyimpan dana yang mereka terima dari transaksi tersebut. Mereka kemudian dapat mentransfer dana tersebut ke rekening bank pribadi mereka.

App Store

App Store sekarang memiliki tab ‘Today’ yang akan menampilkan aplikasi yang sedang tren seperti game terkini akan tercantum dalam tab khusus. Pengguna juga akan menemukan panduan dan konten terkait dengan aplikasi di App Store sehingga akan memiliki aspek editorial yang lebih banyak saat ini.

Dukungan untuk iPad

Apple memberi perhatian khusus pada iPad dengan iOS 11. Dock tablet akan dibuat serupa dengan Mac yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan aplikasi yang lebih banyak ke dalamnya.

Drop and Drag

Fitur lainnya ialah drag and drop. Ini memungkinkan pengguna dengan mudah memindahkan konten dari satu aplikasi layar terpisah ke yang lain. iOS 11 juga memungkinkan pengguna untuk menyimpan pemasangan aplikasi. Mereka dapat menyimpan dua aplikasi yang sering mereka gunakan di layar terpisah sehingga dapat kembali dibuka tanpa mode layar terpisah lagi.

Peta

Terakhir yakni dari segi pemetaan. iOS 11 dapat menampilkan dalam ruangan seperti bandara dan mal di beberapa kota di seluruh dunia. Peta dalam ruangan akan tersedia untuk mal di Boston, Chicago, Hong Kong, London, Los Angeles, New York, Philadelphia, San Francisco, San Jose, Tokyo, dan Washington DC.

Selain itu, peta dalam ruangan juga akan tersedia untuk 20 bandara besar di Amerika Serikat dan seluruh dunia.

Semua fitur tersebut akan tersedia dalam iOS 11 saat musim gugur tahun ini. Sementara program beta publik akan tersedia akhir bulan ini. Demikian dikutip dari Ubergizmo, Selasa 6 Juni 2017.

​Sayangnya, bagi Anda pengguna iPhone seri lawas seperti iPhone 5 dan iPhone 5C, semua fitur baru itu tak bisa dimiliki. Sebab, iOS 11 memang tak akan hadir di kedua seri iPhone tersebut.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini