Alquran dan Sains Jelaskan Perbedaan Karakter Tanah

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Jum'at 09 Juni 2017, 06:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 06 08 56 1711436 alquran-dan-sains-jelaskan-perbedaan-karakter-tanah-xaFe1Nx3HP.jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)

JAKARTA - Tanah pertanian di suatu lahan berbeda dengan tanah di lahan lainnya. Ini bergantung pada tingkat kesuburannya, ada tanah yang berpasir, gembur, menguning, memiliki kandungan garam, tanah gurun, dan sebagainya.

"Dan tanah yang baik, tanaman-tanamannya tumbuh subur dengan seizin Allah; dan tanah yang tidak subur, tanaman-tanamannya hanya tumbuh merana. Demikianlah Kami mengulangi tanda-tanda kebesaran (Kami) bagi orang-orang yang bersyukur," bunyi Surah Al-A’raf Ayat 58.

Buku "Sains dalam Alquran yang ditulis Nadiah Thayyarah" menjelaskan, perbedaan karakter tanah itu adalah faktor terpenting dalam pertanian menurut kajian ilmu geologi. Fakta ilmiah tersebut telah disinggung Alquran sejak 1.400 tahun silam.

Sebab, terpenting perbedaan karakter tanah pertanian tersebut adalah perbedaan ukuran dan jumlah pori-pori tanah yang memberi ruang bagi masuk-keluarnya oksigen dalam tanah.

Tanah hitam yang mengandung lumpur mampu menyerap air karena pori-porinya kecil dan itu membuatnya mampu menyimpan air. Adapun tanah yang berpasir tak mampu menyerap air dengan cepat karena pori-porinya besar, sehingga tak mampu menyimpan air.

Sesungguhnya, turunnya air ke Bumi mampu mengangkat kandungan udara dalam pori-pori tanah. Dan air itu lalu diserap oleh tanah. Dengan begitu, tanah menjadi kaya akan kandungan air dan akan menyusut volumenya bila mengering.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini