SoftBank Akuisisi Boston Dynamics Milik Alphabet

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Jum'at 09 Juni 2017 11:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 09 207 1711746 softbank-akuisisi-boston-dynamics-milik-alphabet-dQfRu0LWFT.jpg (Foto: Daily Mail)

JAKARTA - Perusahaan telekomunikasi asal Jepang, SoftBank, mengakuisisi perusahaan robot Boston Dynamics dari Alphabet, induk perusahaan Google. Sayang, keduanya masih menutupi besaran mahar yang telah disepakati.

Mengutip dari laman Forbes, Jumat (9/6/2017), Boston Dynamics didirikan oleh Marc Raibert yang berawal dari sebuah laboratorium di MIT. Pada 2013, Google mengakuisisi perusahaan tersebut guna melebarkan sayap ke ranah robotik.

Saat itu, Andy Rubin yang merupakan kreator OS Android bekerjasama untuk sebuah unit yang dinamakan Replicant. Namun, kurang dari satu tahun berikutnya, Andy memilih hengkang dari Google.

"Boston Dynamics antusias untuk menjadi bagian dari visi SoftBank dan menciptakan revolusi teknologi berikutnya, dan kami yakin kemajuan teknologi seharusnya bermanfaat bagi umat manusia," kata CEO dan pendiri Boston Dynamics Marc Raibert dalam sebuah pernyataan.

Sementara itu, CEO SoftBank Masayoshi Son mengatakan tujuannya dalam akuisisi tersebut. Ia menilai bahwa manusia masih memiliki keterbatasan kemampuan. Oleh karena itu, teknologi yang dimiliki oleh Boston Dynamics dapat digunakan untuk memecahkan masalah tersebut.

"Saat ini ada banyak masalah yang masih belum dapat dipecahkan oleh manusia. Robotika cerdas akan menjadi pendorong utama dalam revolusi informasi," kata Masayoshi.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini