Share

Google Uji Sistem Kontrol Lalu Lintas Udara untuk Drone

Dini Listiyani, Jurnalis · Jum'at 09 Juni 2017 14:29 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 09 207 1711946 google-uji-sistem-kontrol-lalu-lintas-udara-untuk-drone-ao3aJFvN8c.jpg (Foto: Tech Spot)

MOUNTAIN VIEW - Perusahaan induk Google, Alphabet, baru saja berbagi update dalam upayanya membuat pengiriman drone menjadi kenyataan.

Project Wings, proyek pengiriman drone eksperimental yang beroperasi di bawah pabrik rahasia yang dijuluki ‘X’ berhasil menerapkan sistem kontrol drone prototipe yang mampu mengelola jalur penerbangan untuk beberapa pesawat tak berawak (drone) dari penyedia yang berbeda pada waktu yang bersamaan.

Tes tersebut diselenggarakan oleh NASA dan Federal Aviation Administration (FAA) serta memasukkan tiga pesawat drone Wing, yang diterbangkan oleh satu orang; dua drone Intel Aero Ready to Fly diterbangkan oleh orang lain, dan drone DJI Inspire melakukan misi pencarian dan penyelamatan.

Co-leader Wings James Ryan Burgess menjelaskan, "Operator secara historis harus mengarahkan pewasat mereka menjauh dari rintangan secara manual, namun kemarin kami menunjukkan bahwa platform UTM bisa secara otomatis mengelola jalur penerbangan dari semua jenis UAS, merencanakan rute baru yang jelas untuk setiap pesawat jika dan kapan konflik muncul.”

Sistem ini sangat bersandar pada produk Google lainnya seperti Maps, Earth, dan Street View untuk menavigasi drone di sekitar rintangan dan rute rencana. Terdapat banyak pekerjaan yang perlu dilakukan sebelum pihak berwajib menggunakan komersial untuk pengiriman drone meluas.

Ke depannya, Wings akan menambah dukungan untuk penerbangan simultan dan pengujian lalu lintas di lingkungan yang lebih kompleks, meskipun tak mungkin terjadi di daerah perkotaan seperti dilansir dari Tech Spot, Jumat (9/6/2017).

Google tak sendirian dalam menguji sistem kontrol lalu lintas drone. NASA memamerkan sistem navigasi drone sendiri pada 2015, sementara Amazon, Uber, GoPro, dan Airmap mengerjakan solusinya sendiri.

Baca Juga: Sinergi KKP dan TNI AL Berantas Penyelundupan BBL Ilegal di Batam

(din)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini