Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Uji Ketangguhan, iPhone 7 Diledakkan dengan Bubuk Mesiu

Lely Maulida, Jurnalis · Jum'at 09 Juni 2017 15:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 09 57 1712031 uji-ketangguhan-iphone-7-diledakkan-dengan-bubuk-mesiu-pcGedrwd01.jpg (Foto: Facebook)

JAKARTA – Beragam pengujian smartphone tak hanya dilakukan oleh perusahaan yang merancangnya. Banyak pengguna termasuk vlogger menguji ketahanan smartphone dengan berbagai hal yang terbilang ekstrem.

Seperti yang dilakukan oleh salah satu pengguna iPhone 7. Dalam video yang diunggah oleh akun Facebook Apple, iPhone 7 dimasukkan dalam 25 pound black powder atau bubuk mesiu.

Bahan tersebut merupakan campuran sederhana kalium nitrat atau asam sendawa, arang dan sulfur (belerang). Bubuk mesiu juga dikenal sebagai bahan peledak atau zat yang sangat mudah dan cepat terbakar.

iPhone yang dalam keadaan hidup itu dimasukkan kedalam bubuk mesiu yang tersimpan pada sebuah ember. Orang tersebut juga menyimpan tali berukuran pendek untuk menghubungkan api dengan bubuk mesiu.

Api yang membakar tali itu seketika melahap bubuk mesiu, hanya dalam waktu lima detik hingga terjadi ledakan. Dalam waktu singkat bubuk mesiu pun ludes dan menyisakan ember yang sudah tak berbentuk. Lalu apa yang terjadi dengan iPhone 7 tersebut?

Tanpa ditanya, iPhone 7 yang terlempar akibat ledakan masih dalam keadaan bentuk yang normal. Layar ponsel itu bahkan masih hidup dengan menunjukkan notifikasi temperatur yang tinggi.

Saat dioperasikan, rupanya ponsel tersebut masih bisa bertahan dan dijalankan dengan normal. Sementara itu bagian belakang ponsel menyisakan kerak bubuk mesiu pada casing-nya. Namun kerak tersebut masih bisa dibersihkan hanya dengan kuku tangan.

Video yang diunggah di Facebook ini telah tayang hingga lebih dari 12 juta kali. Sebanyal 44 ribu komentar dari netizen juga tercatat mewarnai kolom komentar video tersebut.

“Ponsel rekomendasi jika Anda ingin berwisata ke neraka,” kata netizen Dan Alexis.

“Tapi aku ragu kamera ponsel itu masih bekerja,” ujar netizen Vian Sauza.

Sementara itu netizen lainnya meyakini bahwa ponsel yang telah terlempar dari ledakan merupakan tiruan.

“Telepon yang meledak dari ember adalah telepon tiruan. Layar sentuhnya tidak merespon jari-jarinya. Dan telepon yang berbeda setelah ledakan,” kata netizen Karen Reyes.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini