Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wow, Qualcomm Cs Garap Prosesor Anyar

Lely Maulida, Jurnalis · Senin 12 Juni 2017 18:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 12 207 1714058 wow-qualcomm-cs-garap-prosesor-anyar-q3ufW3bOsY.jpg (Foto: WikiHow)

JAKARTA – Hampir setiap prosesor yang berkembang didasarkan pada model komputasi dasar (Von Neumann) yang sama. Mereka dirancang untuk mengakses sekumpulan besar data sekuensial dan mengisi chace sesering mungkin.

Hal tersebut bukanlah cara tercepat untuk menyelesaikan tugas. Berangkat dari hal itu, seorang militer Amerika ingin mengeksplorasi jenis chip yang sama sekali berbeda. DARPA menghabiskan USD80 juta untuk mendanai pengembangan prosesor analitik grafik pertama di dunia.

HIVE (Hierarchical Identify Verlo Exploit) mengakses titik data 8 byte dari memori global sistem dan mengolah masing-masing titik itu secara terpisah. Hal tersebut merupakan pendekatan yang jauh lebih cepat untuk menangani data yang besar, yang seringkali melibatkan banyak hubungan antara kumpulan info.

Proyek ini juga melibatkan Intel, Qualcomm, dan Northrop Grumman. Para peneliti di Georgia Tech and Pacific Northwest National Laboratory juga turut terlibat.

Chip HIVE ini akan membutuhkan waktu yang lama hingga akhirnya diumumkan. Demikian seperti dilansir Engadget, Senin (12/6/2017).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini