Alquran dan Sains: Umat Islam Tak Boleh Makan Berlebihan

Tachta Citra Elfira, Jurnalis · Senin 12 Juni 2017, 20:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 12 56 1714121 alquran-dan-sains-umat-islam-tak-boleh-makan-berlebihan-y1FFOPTrHs.jpg Foto : Reuters

JAKARTA – Manusia tidak dianjurkan untuk memakan makanan yang berlebihan. Selain mubazir, Rasulullah SAW juga telah menganjurkan umat Islam untuk makan secukupnya saja.

Ibnu Umar berkata,”Seorang laki-laki bersendawa di hadapan Rasulullah. Beliau berkata, "Hentikan sendawamu itu dari kami, karena orang yang paling banyak kenyang di dunia, ia akan menjadi orang yang paling lama laparnya di hari kiamat."

Namun, sebuah penelitian sains yang dikhususkan untuk dunia kesehatan mengungkapkan, makan berlebihan dapat mengakibatkan seseorang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas. Kondisi tersebut dapat mendatangkan beragam penyakit seperti diabetes dan darah tinggi.

Sebab itu, ahli gizi menganjurkan untuk memakan makanan yang tidak terkandung lemak jenuh dan kolesterol yang berlebih, serta dianjurkan untuk tetap menjaga tubuh yang ideal.

Anjuran itu juga telah tertulis dalam kitab suci Alquran, bagi umat Islam perintah tersebut sudah cukup jelas. Seperti yang dikutip dari buku ‘Sains dalam Alquran’ (2013) yakni.

“Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan,” (QS. Al A’raf: 31).

Dengan begitu, Allah SWT menganjurkan umatnya untuk tidak makan berlebihan, sebab akan memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini