Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Akhirnya, Astronot Bisa Makan Sandwich di Luar Angkasa

Tachta Citra Elfira, Jurnalis · Senin 12 Juni 2017 20:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 12 56 1714162 akhirnya-astronot-bisa-makan-sandwich-di-luar-angkasa-zzgPVNFGjI.jpg Foto : Reuters

CALIFORNIA – Sebuah perusahaan asal Jerman, Bake in Space berniat untuk membuat makanan yang bisa dimakan astronot saat berada di stasiun luar angkasa.

Sebelumnya, astronot NASA pada misi Gemini 3 telah membawa perbekalan berupa sandwich kornet sapi, namun makanan ini tak cocok disantap saat berada di ruang angkasa. Remahan dari roti sandwich yang mereka makan ternyata mengambang ke seisi pesawat, bahkan terhisap oleh astronot.

Mereka bekerja sama dengan German Aerospace Centre dan peneliti dari organisasi lainnya untuk membuat campuran adonan dan metode pemanggangan yang membuat roti tanpa remahan. Jenis roti yang dipakai pun berupa weekend German bread roll.

Perusahaan bernama OHB System AG menawarkan alat pemanggang (oven) yang dapat menyesuaikan dengan keadaaan di International Space Station (ISS). Akibat pasokan listrik juga terbatas, oven tersebut pun dirancang hanya menggunakan listrik sekira 250 watt.

Oven yang bekerja menurunkan tekanan ini akan mampu memanggang pada suhu yang lebih rendah, sehingga membuat roti menjadi lebih lembut.

Teknologi ini kabarnya akan diuji coba pada saat misi European Space Agency (ESA) ke ISS pada 2018. Proses pemanggangan sendiri akan dipantau dari Bumi. Jika proyek ini berhasil, maka akan membantu astronot mendapatkan asupan makanan yang dapat menunjang aktivitas panjangnya selama di ruang angkasa. Demikian dinukil dari Daily Mail, Senin (12/6/2017).

(kem)

Berita Terkait

NASA

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini