Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Startup Indonesia Dapat Kucuran Dana USD10 Juta

Fellix Aditya, Jurnalis · Selasa 13 Juni 2017 13:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 13 207 1714756 startup-indonesia-dapat-kucuran-dana-usd10-juta-Mmnbgr48P2.jpg (Foto: Intudo Ventures)

SAN FRANCISCO - Intudo Ventures yang merupakan perusahaan modal usaha yang fokus pada Indonesia, telah meluncurkan dana debutnya sebesar USD 10 juta pada hari ini. Perusahaan berencana untuk membangun portofolio terkonsentrasi hanya untuk 12 sampai 16 perusahaan.

Eddy Chan dan Patrick Yip selaku pendiri perusahaan mengatakan bahwa keduanya adalah ‘private equity’ dan ‘startup investmen veterans’. Dilansir dari Techinasia, Selasa (13/6/2017), Intudo merupakan bagian pembentukan usaha yang berada pada bagian VC.

Dalam bentuk pertama bertugas untuk membantu perusahaan luar negeri membawa masuk produk mereka ke Asia Tenggara, khususnya Indonesia. “Kami meluncurkan usaha bersama di mana kami mengidentifikasi bisnis pelarian dari China, Taiwan, Singapura, Silicon Valley,” kata Chan.

Ia menjelaskan, ini seperti menyiapkan cabang regional atau lokal untuk perusahaan seperti “Airbns atau Ubers masa depan” di Asia Tenggara.

Intudo berinvestasi atau menjadi co-founder dalam usaha bersama ini. Hal ini akan membantu untuk membentuk badan hukum, menyediakan pengetahuan pasar lokal, koneksi ke konglomerat, dan menerapkan manajemen yang diperlukan untuk memastikan peluncuran yang mulus.

Jaringan Chan dan Yip dapat saling melengkapi dengan baik. Yip dapat memimpin Goldman Sachs Indonesia, dan Chan memiliki koneksi mendalam di Silicon Valley.

Chan mengatakan pada 2000 silam ia mendapat kesempatan untuk berinvestasi di PayPal setelah seorang teman mengenalkannya pada para pendiri. Ia membantu tim dengan pengembangan bisnis di Asia Timur. Melalui koneksi tersebut, ia kemudian menjadi investor usaha seperti di Palantir dan SpaceX.

Anggota tim ketiga, founding advisor, Timothy Chen, berbasis di China, Hong Kong, dan Taiwan, yang berarti perusahaan usaha juga terhubung dengan perkembangan yang menjanjikan di pasar ini.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini