Trik untuk Melakukan Screenshot di Windows 10 (2-Habis)

Dini Listiyani, Jurnalis · Rabu 14 Juni 2017 07:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 13 207 1715030 trik-untuk-melakukan-screenshot-di-windows-10-2-habis-AMnvPj4ZaM.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Mengambil screenshot layar di perangkat yang berjalan Windows 10 mungkin tak banyak diketahui banyak orang. Untuk melakukan screenshot sendiri, caranya terbilang mudah.

Untuk yang tidak mengetahui bagaimana cara untuk melakukan screenshot di Windows 10, ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti dikutip dari Tech Spot, Rabu (13/6/2017).

Snipping Tool

Snipping Tools merupakan salah satu dari beberapa solusi software yang disediakan di Windows. Aplikasi ini memberi Anda kendali lebih besar atas apa yang sebenarnya ditangkap screenshot dengan memungkinkan Anda menggambar bentuk persegi panjang atau bentuk bebas di sekitar layar.

Jika Anda sering mengambil screenshot, membuat hotkey untuk membuka Snipping Tool menjadi hal yang berguna. Untuk melakukannya, buka Windows Explorer dan browser ke folder Windows/ System 32. Cari SnippingTool.exe, klik kanan padanya dan pilih Create Shortcut. Anda bisa menempatkan shortcut ini di tempat yang tersembunyi, di folder Documents atau Dowload Anda. Kemudian klik kanan pada shortcut dan pilih Properties. Di bidang Shortcut Key, Anda bisa mengatur shortcut Anda.

Windows Inking Tools

Jika Anda memiliki perangkat yang mendukung input stylus melalui Windows Ink, terdapat beberapa cara tambahan untuk mengambil screenshot di Windows 10. Salah satu cara melibatkan pembukaan Workspace, yang tersedia dengan mengetuk ikon pena di taskbar, lalu mengklik Stetsa Layar. Dari sini, screenshot penuh ditangkap dan dibuka di jendela yang memungkinkan anotasi.

Game DVR

Ada utilitas screenshot tambahan yang disediakan sebagai bagian dari Windows 10's Game Bar dan Game DVR. Saat Game DVR diaktifkan, Anda dapat melakukan screenshot di game dengan menekan layar sentuh Win + Alt + (atau jalan pintas pilihan Anda). Anda akan mendapatkan notifikasi di layar untuk memberitahun bahwa itu berhasil dan gambar disimpan di folder Captures pada perpusatakaan video Anda.

(din)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini