Peneliti Temukan Dimensi yang Membentuk Kenangan di Otak

Afriani Susanti , Jurnalis · Selasa 13 Juni 2017, 14:50 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 13 56 1714883 peneliti-temukan-dimensi-yang-membentuk-kenangan-di-otak-elfyM6wTUs.jpg Dok. Daily Mail

SWISS – Otak manusia merupaka salah satu struktur yang paling kompleks. Bahkan peneliti masih jauh untuk bisa memahami mekanisme kerja otak tersebut. Namun, studi terbaru ditemukan mengenai 11 dimensi yang menunjukkan bagaimana sebuah memori atau kenangan terbentuk.

“Kami menemukan dunia di mana kami tidak pernah bayangkan sebelumnya,” ungkap Neurosains sekaligus Director of Blue Brain Project di Lausannes, Swiss, Henry Markam, seperti dinukil dari laman Daily Mail.

Di dalam otak manusia terdapat jutaan objek bahkan di dalam setitik otak yang menuju kesebelas dimensi tersebut. Dalam beberapa jaringan juga ditemukan struktur dengan sebelas dimensi.

Geometris yang komplek ini terbentuk dari sel otak yang kecil-kecil yang dikenal sebagai neuron. Setiap neuron terhubungan dengan lainnya. semakin banyak neuron yang bergabung, semakin banyak dimensi yang bisa menyimpan objek.

Objek yang ditemukan ini tidak terdapat di dunia nyata. Tapi secara matematika bisa digunakan untuk medeskripsikan mereka memiliki lima sampai sebelas dimensi.

Peneliti juga menemukan bahwa virtual otak bisa menstimulus struktur dengan dimensi yang lebih progresif.

“Munculnya rongga berdimensia tingga ketika otak mepreoses informasi, berarti neuron tersebut sedang bereaksi terhadap rangsangan dengas angat teratur,” ujar Ran Levi dari Aberdeen University. (afr)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini