Siap dengan Kehadiran 'Dokter Robot'?

Afriani Susanti , Jurnalis · Selasa 13 Juni 2017, 15:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 13 56 1714901 siap-dengan-kehadiran-dokter-robot-FzEwQmnSux.jpg Foto: Dok. Gadgets Now

JERMAN – Kemajuan teknologi memang berjalan dengan pesat, termasuk dalam penciptaan robot yang diperuntukkan membantu aktivitas manusia. Tidak terkecuali dalam membantu aktivitas di dunia kedokteran.

Studi terbaru dari German Carmaker Porche’s konsultasi mengatakan bahwa konsumen lebih senang melakukan tindak operasi dengan mesin ketimbang dilakukan secara manual oleh manusia. Faktanya 23% responden di Jerman menolak ide tentang robot yang menangani prosedur tindak operasi tersebut.

Sebanyak 77% dari mereka juga telah menyiapkan diri jika suatu hari operasi tersebut lebih terlihat seperti fasilitas produksi mobil. Hanya 41% yang memberikan peringatan, jika nantinya mereka harus menjalani prosedur dengan menggunakan robot, namun dengan risiko rendah.

“Perkembangan lanjutan di teknologi kesehatan sediri telah membantu untuk melakukan perawatan dan tindakan bagi pasien dengan waktu yang lama,” ungkap Dr Roma Hipp dari Porsche Consulting, demikian seperti dinukil dari laman Gadgets Now.

Peneliti di Jerman sendiri mengungkapkan bahwa setidaknya para pasien di sana telah melihat hasil yang menguntungkan. Teknologi tersebut telah memberikan kualitas dalam kehidupan mereka.(afr)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini