Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waduh, Bisnis Chipset Samsung Bakal Merosot Drastis?

Tachta Citra Elfira, Jurnalis · Rabu 14 Juni 2017 22:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 14 207 1716353 waduh-bisnis-chipset-samsung-bakal-merosot-drastis-oQ6352GHxW.jpg Foto : Reuters

CALIFORNIA – Nasib buruk menimpa Samsung kali ini, lantaran Qualcomm telah menyingkirkan produsen chipset tersebut dan menggantinya dengan pesaingnya yakni TSCM.

Mendapati laporan dari SamMobile, Rabu (14/6/2017), belum lama ini Qualcomm juga telah kehilangan kontrak dengan Apple untuk memproduksi prosesor iPhone. Rupanya, Qualcomm telah mengembangkan prosesor 7 nm menggunakan alat pengembangan chip yang disediakan oleh TSMC sejak paruh kedua tahun lalu.

Qualcomm ingin memproduksi chipset generasi mendatang pada akhir tahun ini atau awal tahun depan. Sedangkan Samsung baru saja memisahkan bisnis perancangan dan produksi chip-nya. Samsung mendulang penjualan sebesar USD4,44 miliar tahun lalu, dan sekira 40% (USD1,78 miliar) berasal dari pembuatan chipset Snapdragon.

Meski begitu, Samsung baru-baru ini mengumumkan bahwa proses teknologi 7 nm besutannya didasarkan pada EUV, serta telah menambahkan proses 8 nm. Chipset Exynos berikutnya dilaporkan berbasis proses 8 nm.

Diperkirakan, produksi massal chipset berbasis teknologi 7 nm Samsung akan dimulai pada semester kedua tahun depan. Sedangkan, TSCM sudah memasok alat pengembang chip 7 nm kepada kliennya sejak tahun lalu, sehingga perusahaan tersebut memimpin di depan Samsung hingga saat ini.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini